Cegah Corona Bernuansa Kearifan Lokal, Pemdes Selur Bagikan 2000 Gentong Dari Tanah Liat

Kepala Desa Selur Suprapto bagikan gentong tempat air kepada warga

Ponorogo, Seputarkita – Dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid 19, Pemerintah Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo membuat gerakan bernuansa kearifan lokal yakni dengan membagikan sekitar 2000 gentong tempat air dari tanah liat kepada warganya.

Kepala Desa Selur Suprapto, S. Sos saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa pendistribusian sekitar 2000 gentong tersebut, dalam rangka menindaklanjuti sosialisasi dan penyuluhan serta himbauan oleh Pemerintah Desa kepada warga masyarakat untuk berpola hidup sehat, salah satunya melalui gerakan cuci tangan pakai sabun atau handsanitizer.

Kepala Desa Selur Suprapto bagikan gentong tempat air kepada warga

“Sehingga sebagai implementasinya, Pemdes Selur memberikan fasilitas sarana dan prasarana kepada warga masyarakat berupa gentong tempat cuci tangan dari tanah liat, yang mana sumber pendanaanya berasal dari DD yang menyatu dalam bidang penanggulangan bencana Covid 19. Gerakan ini dinamakan gerakan gentong 2000 karena, kita menyasar atau mempunyai dasar rumah yang ada di Desa Selur kurang lebih 2000 rumah. Sehingga nantinya setiap rumah warga kita berikan fasilitas gentong yang nantinya bisa digunakan untuk tempat cuci tangan, sekaligus juga bisa untuk wudhu, “kata Suprapto, Rabu (8/4).

Suprapto menambahkan, penggunaan gentong dari tanah liat sendiri, selain sebagai bentuk penerapan nilai-nilai luhur warisan budaya kearifan lokal orang-orang tua terdahulu, juga bisa menjadi alternatif bagi warga masyarakat Desa Selur yang mayoritas berprofesi sebagai petani, agar lebih rajin membersihkan tangan sesudah melakukan aktifitas.

“Dari sisi mitologi sejarah masa lalu, untuk menjaga kebersihan dan pola hidup sehat, para wali dan orang tua jaman dahulu menggunakan gentong berisi air untuk membersihkan diri mencuci tangan dan kaki sebelum masuk ke dalam rumah serta untuk wudhu. Untuk itu, dengan pendistribusian gentong pada setiap rumah ini, kita berharap warga masyarakat rajin untuk selalu mencuci tangan, berpola hidup sehat sehingga kedepan seluruh warga masyarakat Selur betul-betul terbebas dari mewabahnya virus Corona atau Covid 19 ini. Dari sisi lain, Pemdes Selur berharap ada sisi religinya, selaras dengan misi dan visi bapak Bupati Ponorogo yakni menuju Ponorogo yang lebih maju, berbudaya dan religius, “pungkas Kades Selur.(sul)

Check Also

Kerjakan Lebih Cepat dari Rencana, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Rekonstruksi Jalan Ruas Krapyak – Sumbergandu 

  SeputarKita, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun melanjutkan upaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *