Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Korem 081/DSJ

Madiun, seputarkita – Korem 081/DSJ menggelar upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila, bertempat di Lapangan Makorem 081/DSJ, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Sabtu (1/6/19).

Dalam peringatan tersebut, Kasipers Rem 081/DSJ Letkol Inf Kabul Hidayat, S.Pd., M.Pd. bertindak sebagai Inspektur Upacara dan membacakan langsung amanat dari Plt. Kepala Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono.

Dalam amanatnya Hariyono menyampaikan, bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Ia mengungkapkan, proses internalisasi juga sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus, serta harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Berkat Pancasila keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,” tegasnya.

Dalam konteks itulah ia mengatakan, bahwa sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan.

“Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride),” imbau dalam amanatnya.

Di akhir amanatnya, ia senantiasa mengajak untuk bersatu membangun bangsa guna merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Check Also

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

  SeputarKita, Gresik – Apel Operasi Patuh Semeru 2024 yang dipimpin Wakapolres Gersik Kompol Danu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *