Bank sampah Toro Bersahabat, Mengubah Sampah menjadi Berkah

Kepala Desa Nguntoronadi Menyerahkan Penukaran Hasil Tabungan Sampah Kepada Nasabah bank sampah Toro Bersahabat
Magetan, seputarkita – Bagi warga pada umumnya, sampah merupakan sesuatu yang tidak berharga, dan dibuang begitu saja. Akan tetapi bagi warga Desa Nguntoronadi Magetan, sampah tersebut bisa ditabung dan diuangkan. 

Adalah bank sampah Toro Bersahabat yang siap menampung sampah warga Desa Nguntoronadi.  Sampah kering seperti botol bekas, kertas bekas, atau peralatan rumah tangga yang sudah tidak terpakai ini, bukan sekedar dibuang saja, akan tetapi dinilai rupiah. Setiap kepala keluarga di sini, mempunyai catatan layaknya buku tabungan.

Warga merasa senang dan terbantu dengan bank sampah


Sampah-sampah yang dipungut, akan ditimbang dan dihargai Rp 700 hingga Rp 1.500 perkilogram. Nantinya uang tersebut bisa diambil pada waktu-waktu tertentu, seperti menjelang lebaran. Salah satu warga Dusun Pagaran, Desa Nguntoronadi,Parti, mengaku sangat terbantu dengan tabungan  atau bank sampah tersebut. Disamping bisa menjaga kebersihan lingkungan, warga juga tidak kebingungan untuk membuang atau mengelola sampah.

Sampah-sampah yang sudah terkumpul kemudian disimpan di bank sampah yang  berada di desa setempat. Nantinya Pengelola bank sampah yang akan menjualnya ke pengepul. Tidak hanya bisa ditabung, warga juga bisa menukarkan sampah dengan aneka sembako atau sirup, di warung yang dikelola oleh Bumdes Usaha Jaya Abadi Desa Nguntoronadi.


Ketua Bumdes Usaha Jaya Abadi Menyerahkan Penukaran Hasil Tabungan Sampah Kepada Nasabah bank sampah Toro Bersahabat

Buku Rekening Bank sampah


Basuki Rahmat, Kepala Desa Nguntoronadi mengatakan bank sampah di Desa Nguntoronadi sekarang hanya ada dua kelompok, dan sesuai edaran Bupati Magetan setiap desa ada minimal tiga kelompok bank sampah, pihaknya berharap dengan adanya bank sampah Toro Bersahabat ini bisa menjadi pilot project dan surat edaran bupati tersebut segera ditindaklanjuti sehingga pengelolaan sampah dengan sistem tabungan atau menukar dengan makanan minuman, bisa berkembang lebih baik. (aryo)

Check Also

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

  SeputarKita, Gresik – Apel Operasi Patuh Semeru 2024 yang dipimpin Wakapolres Gersik Kompol Danu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *