BKKBN Gandeng SDM PKH Sukseskan Program SOTH, Percepatan Penurunan Stunting

 

SeputarKita, Sampang – Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kab. Sampang, melaksanakan pembukaan kegiatan Orientasi Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), yang di laksanakan di kelurahan Karang Dalem dusun Bajik, Selasa (5/3/2024).

Kegiatan yang digelar di rumah salah satu kader tersebut bertajuk “Sekolah Orang Tua Hebat” yang melibatkan dari berbagai Stakeholder yaitu Dinas KB , Dinkes dan dinsos serta SDM PKH.

Acara dibuka langsung oleh ibu Ila Rabbi Rahmatien selaku Koordinator BKKBN Kabupaten Sampang dengan di dampingi fasilitator Maimuna kader bantu dan Rusmiyati, S.Sos sbg kader inti.

 

Ila Rabbi Rahmatien menyampaikan, kegiatan bertujuan untuk mensukseskan dan mendukung program percepatan penurunan stunting untuk mencapai target Proyek Prioritas Nasional.

“Untuk kedepannya kita akan berkolaborasi dengan Kepala Desa ataupun Kelurahan, TP PKK Kecamatan dan SDM PKH dan seluruh fasilitator untuk membentuk SOTH di tingkat kelurahan, atau Desa” ujarnya.

Melanjutkan’ Koordinator BKKBN Ila Rabbi Rahmatien, berharap kegiatan yang di rencanakan 13 kali pertemuan ini agar para peserta tetap semangat dalam mengikuti program ini dikarenakan sangat penting untuk di terapkan di kehidupan dalam keluarga masing – masing.

Penyataan Senada juga Disampaikan SDM PKH Yulyana Herawati.Spd, Menuturkan bahwasanya program BKKBN selaras dengan Program Kemensos yaitu Mencegahan terjadinya Stunting terhadap kelauaraga masyarakat Khususnya KPM PKH di Kabupaten Sampang.

Lebih lanjut dikatakannya, keluarga adalah madrasah utama bagi anak, sehingga orang tua perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam mengasuh anak. Pengetahuan dan keterampilan tersebut bukanlah suatu hal yang otomatis dimiliki seseorang ketika menjadi orangtua, melainkan hal yang perlu dipelajari dan dilatih.

” Adapun materi yang di sampaikan oleh teman teman dari BKKBN tidak jauh beda dengan apa yang kami sampaikan terhadap KPM PKH pada saat pertemuan rutin P2K2 FDS, jelasnya.

Melalui SOTH maupun kegiatan P2K2 FDS berharap pengetahuan dan keterampilan setiap orang tua tentang bagaimana cara mengasuh anak dengan baik dan benar dapat meningkat.(Aj)

Check Also

Evaluasi Gema Parut Oleh Pemda Ngawi di Desa Wonokerto

  SeputarKita, Ngawi – Gema Parut (Gerakan Menanam dengan Memanfaatkan Pekarangan) yang digagas oleh Bupati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *