TP PKK Pemalang Fasilitasi dan Edukasi Pengelolaan Sampah di Desa Susukan

 

SeputarKita, Pemalang – Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang melakukan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat dan mengajarkan masyarakat bagaimana mengelola sampah dengan menggunakan system Mengurangi, Menggunakan kembali, dan Mendaur ulang sampah atau yang sering disebut dengan 3R. Kamis. (16/11/2023).

Dalam kegiatan yang digelar di Balai Desa Susukan, Kecamatan Comal tersebut juga dibentuk Bank Sampah guna mewujudkan pengelolaan sampah yang terencana dan berkelanjutan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang Santi Rosalia Mansur Hidayat menyampaikan bahwa, program bank sampah merupakan inisiatif pemerintah untuk mengurangi sampah dan meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk mengurangi sampah. Program tersebut telah berhasil mendorong partisipasi warga dalam pemeliharaan kebersihan lingkungan melalui kegiatan pemilahan sampah.

Kepala Desa Susukan Irfanudin mengajak masyarakat khususnya warga Desa Susukan untuk memilah sampah dan memanfaatkan sampah agar permasalahan sampah di Desa Susukan bisa terselesaikan.

“Kami juga mengajak masyarakat agar mendaftar untuk menjadi pelanggan dengan sistem bank sampah yangb dikeloka oleh BUMDes Desa Susukan.” Ucapnya.

Menurut Irfanudin, dengan adanya bank sampah nantinya sampah bisa diselesaikan di tingkat desa, artinya sampah bukan hanya dibuang tapi dipilah dan bisa menghasilkan finansial. Sehingga Masyarakat Desa Susukan bisa mendapatkan income.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang Santi Rosalia Mansur Hidayat, Forkopimca Comal, Perangkat Desa, Anggota BPD, LPMD, pengurus RT, RW, PKK, dan tokoh masyarakat juga tokoh agama Desa Susukan. (Fahminur).

Check Also

Kawal Rekom, Gus Mamak Dan H. AB Bersama Partai Pengusung Sambangi DPC Partai Demokrat & PKS

  SeputarKita, Sampang – Partai pengusung Paslon Cabub dan Cawabub Gus Mamak dan H Abdullah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *