PENGEMBANGAN JARINGAN DISTRIBUSI DAN SAMBUNGAN RUMAH

SeputarKita, Jombang – Salah satu permasalahan yang ada saat ini dan sangat krusial adalah kebutuhan air bersih pada wilayah-wilayah tertentu, yang rawan akan kekurangan air ketika musim kemarau tiba.

Sebagaimana kita ketahui, kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan dasar minimum yang harus disediakan oleh pemerintah.

Di wilayah Kabupaten Jombang terdapat banyak lokasi yang merupakan kategori wilayah yang  rawan akan kekurangannya air bersih.

Dalam menyikapi permasalahan tersebut Pemerintah Kabupaten Jombang, melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang melakukan Kegiatan Pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah.

Untuk kegiatan ini pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah. Dinas perumahan dan permukiman Kabupaten Jombang pada tahun 2023 dibeberapa wilayah Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Bareng dan Kecamatan Ngoro, telah dilaksanakan kegiatan tersebut.

Kegiatan pengembangan jaringan tersebut adalah untuk meningkatkan cakupan layanan sambungan rumah dan menambah jaringan yang secara existing diwilayah tersebut sudah terbangun system air bakunya, baik dari sumur bor maupun mata air.

Sasaran dari kegiatan ini adalah terbangunnya sarana dan prasarana air minum atau air bersih yang dapat memenuhi kebutuhan pelayanan dengan jaringan pipa sehingga dapat menambah debit air dan pemasangan sambungan rumah sehingga bisa mencukupi kebutuhan air bersih atau air minum daerah setempat.

Kegiatan diwilayah tersebut dibiayai dari DAK Tahun Anggaran 2023. Sekarang pekerjaan sudah selesai sepenuhnya dan sudah dimanfaatkan masyarakat. Sehingga diharapkan dengan kegiatan tersebut bisa mengurangi beban masyarakat wilayah tersebut di waktu musim kemarau. (red)

Check Also

Evaluasi Gema Parut Oleh Pemda Ngawi di Desa Wonokerto

  SeputarKita, Ngawi – Gema Parut (Gerakan Menanam dengan Memanfaatkan Pekarangan) yang digagas oleh Bupati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *