DPD LIRA Lamongan menggelar MUSDA

 

SeputarKita, Lamongan – setelah beberapa bulan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Lamongan jabatan Bupati kosong dan di isi PLT bupati, akhirnya pada hari jumat’at tanggal 17/11/2023 LSM LIRA Lamongan menggelar musyawarah daerah (Musda) ke 1 bertempat Pinky Caffe dan Resto Kecamatan Lamongan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sultoni (Wasekjen bidang OKK) mewakili Presiden LIRA Pusat, Bupati LIRA Sidoarjo, Gresik, Walikota Surabaya, dan Gubernur LIRA Jawa Timur, PGN (Patriot Garuda Nusantara), perwakilan Forkopimda Kabupaten Lamongan serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati LIRA DPD Kabupaten Lamongan terpilih, Slamet, S.Pd mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan atas kehadirannya dalam kegiatan musda kali ini. Bahwa keberadaan LIRA yang sempat vakum sejak tahun 2012 dan kemudian pada tahun 2020 LIRA di Lamongan kembali berdiri.

Semenjak itu, kita kembalikan kejayaan LIRA yang pernah di bangun oleh kawan-kawan pendahulu, maka munculah sebuah legalitas dari Kemenkumham Nomor ‘, AHU1931AHA.01.08 Tahun 2022 sebagai pembaharuan dari Surat Kemenkumham No.AHU0032287.AHA. 007 Tahun 2016.

“Setelah itu berdiri di Lamongan dengan pengakuan dari Kesbangpol dengan keberadaan surat Nomor.220/64/413/2022, Sejarah itulah sebagai mandat saya memimpin LSM LIRA di Kabupaten Lamongan,” terang Slamet.

Slamet menambahkan, bahwa keberadaan organisasi ini untuk membantu masyarakat baik berupa materil atau non materil. Diantaranya mengadakan kegiatan Jumat berkah dengan membagikan nasi bungkus dan juga membantu soal biaya sekolah untuk mendapatkan beasiswa, KIP atau PIP serta pendampingan untuk masyarakat luas terutama masalah rentenir dan perbankan. Selain itu, Lira juga berkomitmen untuk pengawasan dana APBD, Provinsi, maupun APBN Pusat hingga sampai yang ada di desa.

Dalam kesempatan, Gubernur LIRA Jawa Timur Muhammad Yudhi atau biasa dipanggil Didik menyampaikan, harapannya acara musda LlRA nanti cukup demokratis, dan harus selalu bergerak tidak hanya mengurusi kasus.

Bilamana dibutuhkan masyarakat, LIRA harus siap membantu dalam hal apapun, seperti halnya tentang UMKM dan lain sebagainya,” harapnya.

Sebagai penutup sambutan adalah Ustadz Arik dari Karanggeneng, yang mengharapkan LSM LIRA dapat menjadi pionner dari ormas dan LSM yang ada di Lamongan. Karena DPD LIRA terbentuk dari kesamaan persepsi yang bertujuan sangat mulia, yaitu membantu kepentingan masyarakat untuk mendapatkan hak-haknya dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kesejahteraannya, kegiatan telah di laksanakan ini berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkapnya.
(Indah).

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *