Lestarikan Tradisi, Pertunjukan Wayang Kulit Rutin Digelar Saat Bersih Desa Sine

 

SeputarKita, Ngawi – Dalam rangka bersih desa sekaligus wujud syukur atas rahmat dan rejeki yang diterima oleh warganya, Pemerintah Desa Sine, Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi setiap tahun menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, dengan lakon Sumilak Ing Pedut Ngastino oleh dalang Ki Dwijo Kangko. Jumat malam, (01/09/2023).

Dalam pagelaran wayang kulit tersebut juga sekaligus diserahkan sertifikat hasil PTSL secara simbolis kepada warga. Pagelaran wayang kulit diawali dengan penyerahan tokoh wayang kulit oleh kepala Desa Sine, Jumadi kepada dalang Ki Dwijo Kanggo.

 

 

Kepala Desa Sine, Jumadi mengatakan selain sebagai rangkaian bersih desa, pagelaran wayang ini diselenggarakan juga sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME atas berkah yang selama ini diterima oleh warga. Diharapkan dengan pagelaran wayang kulit ini bisa sebagai media hiburan warga, sekaligus keikutsertaan warga setempat untuk terus melestarikan budaya jawa.

“Kegiatan bersih desa dengan pagelaran wayang kulit ini sebenarnya sudah menjadi agenda rutin tiap tahunnya, namun kali ini bersamaan dengan kegiatan penyerahan sertifikat secara simbolis. Pagelaran wayang ini sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas berkah yang selama ini diterima oleh warga,” Ujar Jumadi.

 

Jumadi menambahkan, selain wayang kulit beberapa tradisi yang ada desa setempat akan tetap dilestarikan.

“Dengan pagelaran tradisi ini juga diharapkan bisa menjadi ajang silahturahmi antar warga, memupuk kegotong royongan dan menjalin persatuan diantara warga.” Pungkasnya. (Supri/Pathok)

Check Also

Polres Ponorogo Berhasil Amankan Komplotan Curat

  SeputarKita, Ponorogo – Polres Ponorogo berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan yang melibatkan 8 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *