Selangkah Lebih Maju, Klinik Neurologi (Saraf) RSUD dr. Sayidiman Magetan Miliki Mesin EMG

 

SeputarKita, Magetan – Klinik Neurologi/Saraf RSUD dr. Sayidiman Magetan merupakan klinik yang menangani dan melayani pemeriksaan kondisi dan mendeteksi gangguan pada sistem saraf tubuh, serta mendiagnosis penyakit saraf yang mungkin diderita pasien. Di klinik tersebut sudah ditangani oleh dokter spesialis yang berpengalaman di bidangnya.

dr. Titian Rakhma Sp.N saat ditemui di ruangannya menjelaskan, Klinik Neurologi RSUD dr. Sayidiman Magetan menyediakan beragam layanan kesehatan saraf yang didukung dengan keberadaan Dokter Spesialis maupun Sub Spesialis yang ahli di bidangnya. Selasa, (29/08/2023).

“Layanan yang Kami sediakan meliputi Gangguan Nyeri (neurobehaviour), Stroke dan Cerebrovascular, Epilepsi, Gangguan Gerak (movement disorders), Neurotraumatologi, Neuromuskuler dan Penyakit Saraf Tepi, Neuroinfeksi, Neuropediatri, Neurofisiologi Klinis maupun Neurorestorasi. Selain itu, Poliklinik Saraf juga menyediakan perawatan vertigo.” Terang dr.Titian.

“Kedepan, Klinik Neurologi RSUD dr. Sayidiman Magetan berencana membuat Unit khusus yang melayani Stroke. Namun saat ini masih proses rehab gedung.” Lanjutnya.

 

Menurut dr. Titian, saat ini di Klinik Neurologi RSUD dr. Sayidiman Magetan sudah memiliki Mesin Elektromiografi (EMG), sehingga bisa langsung mendeteksi penyakit pasien tanpa harus merujuk ke RS lain. Karena mesin tersebut dinilai paling bagus di wilayah Karesidenan Madiun.

“Elektromiografi adalah prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur aktivitas listrik otot beserta saraf yang mengendalikannya. Elektromiografi dilakukan dengan menggunakan semacam alat pendeteksi aktivitas otot, sebuah elektroda yang terhubung dengan mesin EMG. Saat ini Klinik Neurologi RSUD dr. Sayidiman Magetan sudah memiliki mesin tersebut.”Lanjut dr. Titian.

“Melalui bantuan alat tersebut, kami dapat memantau pergerakan listrik otot dalam bentuk grafik melalui layar monitor yang terhubung, kemudian melakukan analisis berdasarkan grafik tersebut.” Pungkasnya. (Aryo)

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *