Diskusi Gayeng Kapolres Jombang bersama Stakeholder Pemilu 2024

SeputarKita, Jombang – Dalam rangka mewujudkan Pemilu Aman, Damai dan Berkualitas, Polres Jombang Gelar Audiensi dengan Stakeholder Pemilu 2024.

Tahapan pesta demokrasi tahun 2024 sudah mulai berjalan. Jajaran Kepolisian dalam hal ini Polres Jombang telah menyiapkan segala sesuatu termasuk didalamnya menggelar kegiatan kepolisian agar situasi keamanan di Kabupaten Jombang senantiasa aman dan kondusif.

Guna memastikan hal tersebut, salah satu yang dilakukan adalah melakukan audiensi dengan berbagai komponen masyarakat, penyelenggara Pemilu dan stakeholder terkait. Tak mau setengah-setengah, Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi, S.H., S.I.K., M.Si memimpin langsung acara yang diselenggarakan di Gedung JCC Mapolres Jombang ini, Rabu (16/8/2023).

“Iya betul. Kegiatan ini pada dasarnya adalah silaturahmi guna menguatkan kerjasama, koordinasi dan kolaborasi dalam menghadapi pesta politik tahun 2024 sehingga terwujud pemilu yang aman, damai dan berkualitas.” Ujar AKBP Eko.

Lebih lanjut perwira menengah dengan dua melati dipundak ini menegaskan, melalui kegiatan ini pihaknya membuka ruang komunikasi selebar-lebarnya baik kritik maupun saran demi terciptanya Kamtibmas kondusif khususnya menghadapi tahun politik.

Disamping itu, dalam proses pengamanan nanti dibutuhkan mapping kerawanan yang benar-benar valid dan komprehensif. Tujuannya adalah sebagai assessment dan merumuskan langkah strategis pengamanan yang efektif.

“Saya tidak bosan-bosan mengajak rekan-rekan sekalian untuk saling bekerjasama dalam pemeliharaan Kamtibmas guna menciptakan iklim yang sejuk dan damai sehingga Kabupaten Jombang yang kita cintai ini semakin maju dan bermartabat.” Imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jombang Dony Anggun yang kebetulan turut hadir dalam acara tersebut menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi jajaran Polres Jombang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana diskusi menarik sekaligus koreksi dan masukan agar kesalahan atau kelemahan di masa yang lalu dapat diminimalisir sedini mungkin.

“Saya berharap kita bersama – sama bisa menjaga kondusifitas Kabupaten Jombang.” Ujarnya.

Senada, Ketua Divisi Sosialisasi Bidang Kampanye KPU Kabupaten Jombang, Rita Darmawati dalam kesempatan tersebut mengatakan berdasarkan pengalaman Pemilu tahun 2019 yang lalu dapat berjalan dengan aman dan lancar. Hal tersebut tentunya tak lepas dari peran serta pengamanan TNI maupun Polri.

“Pemilu adalah tanggung jawab semua. Bukan hanya penyelenggara Pemilu. Kami berharap dukungan guna terselenggaranya Pemilu yang aman dan damai karena pemilu tahun 2024 adalah pemilu serentak pertama yang kita akan selenggarakan. Selain itu, juga ada agenda Pilkada di tahun 2024.” Ucapnya.

Saat sesi diskusi, para peserta sangat antusias dengan memberikan saran dan masukan khususnya terkait dengan pengamanan Pemilu. Beberapa diantaranya menyampaikan usulan pelatihan bagi Linmas yang bertugas di desa-desa, potensi pelanggaran yang dapat berakibat luas, netralitas TNI/Polri hingga proses penghitungan suara dan penanganan pelanggaran Pemilu yang berkeadilan.

Menanggapi hal tersebut, AKBP Eko berkomitmen akan menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Pihaknya juga meminta agar sinergitas yang kuat baik penyelenggara maupun peserta Pemilu terus terjalin dengan baik sehingga Kamtibmas yang kondusif dapat tercapai selaras dengan harapan masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain pejabat utama Polres Jombang, Komisioner KPU dan Bawaslu, Kesbangpol, Dishub, Parpol peserta Pemilu, PPK se kabupaten Jombang, kelompok Founder Ruang Inovasi serta sejumlah tamu undangan lainnya.(hms)

Check Also

Serius Macung, Mbah Tik Daftar Bacabup dan Bacawabup Magetan Lewat PDIP dan Demokrat

  SeputarKita, Magetan – Tikno, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *