Bersama Warga, TNI – Polri Padamkan Kebakaran Hutan Jati Rakyat di Lereng Gunung Bungkuk

 

SeputarKita, Magetan – Puluhan personil gabungan dari TNI Polri, BPBD, PMI dan masyarakat Kabupaten Magetan dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar kebun jati rakyat pada lereng gunung Bungkuk Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan Jawa Timur, Minggu malam (13/08/2023).

Kapolres AKBP Muhammad Ridwan SIK MSi terjun langsung di lokasi kebakaran, bersama Kabag Ops Polres Magetan I Made Prawira Wibawa, membenarkan jika titik api pertama bisa dipadamkan.

“,Sumber api pertama berhasil kita padamkan bersama sama tim gabungan. Namun muncul lagi titik api, lalu kita tambah personil untuk naik lagi memadamkan api agar tidak meluas,” kata Ridwan.

Api diketahui membakar semak belukar dan dedaunan kering sejak jam 17.00 WIB. Kencangnya hembusan angin membuat api dengan cepat membakar apa saja yang dilewati. petugas gabungan dengan dibantu warga berjibaku berupaya memadamkan api menggunakan alat seadanya akhirnya padam.

Namun api kembali muncul ketika para petugas sudah turun ke pemukiman warga. Petugas gabungan pun terpaksa kembali naik menuju lokasi, kali ini ditambah kekuatan dua regu personil Sabhara kembali memadamkan api.

Setelah lebih dari satu jam berjibaku dengan api dimalam hari, akhirnya pada titik kedua berhasil kita dipadamkan sekitar pukul 11.30 wib. Total ada hektaran hutan jati milik rakyat yang terbakar.

“Penyebab kebakaran dan sumber api awal belum kami ketahui. Saat ini masih lakukan penyelidikan ya,” pungkasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Lokasi kebakaran jauh dari pemukiman penduduk, sedang yang terbakar semak dan daun daun jati yang kering. (Red/HumasResMgt).

Check Also

Relawan Projo dan Pasukan Gibran Tegaskan Dukungan Untuk Bunda Lisdyarita Pada Pilkada Ponorogo

  SeputarKita, Karanganyar – Geliat dukungan terhadap Bunda Lisdyarita untuk Pilkada Ponorogo 2024 kian menguat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *