Berantas Tuntas TTPO, Kapolres Ponorogo Ajak Sinergitas Pemkab, TNI, PJTKI Hingga Mahasiswa

 

SeputarKita, Ponorogo – Masih maraknya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) membuat Polres Ponorogo menggelar sosialisasi yang melibatkan Pemerintah Daerah, TNI, PJTKI hingga Mahasiswa. Apalagi, jumlah Pekerja Migran Indonesia asal Ponorogo masih terbilang cukup tinggi.

Bertempat di Aula Wengker Polres Ponorogo, Senin (14/8/2023), TPPO dibahas secara menyeluruh terutama tantangan dimasa yang akan datang.

Kapolres Ponorogo, AKBP Wimboko S.I.K, M.Si mengatakan untuk memberantas TPPO dari hulu sampai hilir memerlukan kerjasama yang harmonis dan sinergis dari pihak terkait. “Mulai keluarga, lembaga pendidikan, dunia usaha, lembaga masyarakat dan pemerintah daerah,”lanjutnya.

AKBP Wimboko menambahkan walau sudah banyak kebijakan terkait TPPO, namun diakui masih terdapat tantangan dalam implementasinya. Baik dari sisi pencegahan maupun perlindungan korban dan penegakan hukum bagi pelaku kekerasan, khususnya TPPO yang belum dipahami secara menyeluruh.

“Kita seyogyanya dapat membangun dan memperkuat kerjasama dalam rangka pencegahan, penanganan dan pemberdayaan korban kekerasan berbasis gender. Selain itu, pentingnya replikasi sejumlah lesson learned yang telah terbukti efektif dalam pencegahan dan penanganan TPPO,”katanya.

Sementara itu Rudi Ardiansyah, salah satu perwakilan PJTKI memberikan apresiasi atas seminar yang digelar Polres Ponorogo. “Kita akan semakin memahami tentang TPPO, segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait jika menemukan hal hal yang tidak diinginkan pada PMI,”pungkasnya.(hd)

Check Also

Evaluasi Gema Parut Oleh Pemda Ngawi di Desa Wonokerto

  SeputarKita, Ngawi – Gema Parut (Gerakan Menanam dengan Memanfaatkan Pekarangan) yang digagas oleh Bupati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *