Ribuan Satlinmas Kota Madiun Diharapkan Berperan Aktif Cegah Peredaran Rokok Ilegal

 

SeputarKita, Kota Madiun – Ribuan orang yang tergabung dalam Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Pemerintah Kota Madiun melakukan senam sehat sekaligus mendapatkan sosialisasi untuk mencegah peredaran rokok ilegal. Bertempat di Edu Park Ngrowo Bening Madiun dalam rangkaian Hari Jadi ke-105 Kota Madiun, Jum’at (23/6/2023).

Di Kota Madiun, Satlinmas merupakan bagian dari Satpol PP dan Damkar yang mengetahui secara langsung kondisi di lapangan. Dengan sosialisasi ini, diharapkan Satlinmas bisa mengetahui secara dini apabila ada peredaran rokok illegal diwilayah masing-masing.

Dalam sambutannya Walikota Madiun Maidi menegaskan, Satlinmas harus sehat. Maka, dalam bekerja juga harus menyempatkan olahraga.

 

Wali kota pun mengimbau agar Satlinmas bisa senantiasa bekerja dengan baik. Serta, menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Madiun. Juga dapat berperan aktif mencegah peredaran rokok ilegal. Sebab, keberadaan rokok ilegal dapat merugikan keuangan negara.

“Rokok ilegal itu tidak boleh beredar di Kota Madiun. Jadi mengapa dia kita libatkan karena dia itu perokok, peran dia menyampaikan dan mensosialisasikan ke masyarakat bahaya rokok ilegal itu.” Ujar Walikota Maidi.

Maidi berharap, dengan dilibatkannya satlinmas, peredaran rokok ilegal di Kota Madiun dapat ditekan. Adapun ciri-ciri rokok ilegal yaitu 2P 2B, yaitu polos, pita cukai palsu, bekas dan berbeda.
Dalam kegiatan tersebut, Nampak Wali kota juga membagikan bingkisan kepada Satlinmas. Serta, menyediakan berbagai doorprize menarik.

 

Ditempat yang sama, Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Madiun, Sunardi Nurcahyono mengatakan, setidaknya ada 1.300 satlinmas se Kota Madiun yang membantu memantau peredaran rokok ilegal. Jika ada temuan rokok ilegal, mereka diminta untuk segera melaporkan ke petugas.

“Apabila mereka menemukan adanya rokok ilegal, maka segera untuk melaporkan ke Satpol PP dan tidak menutup kemungkinan malaporkan ke kantor Bea Cukai,” katanya.

Sejauh ini, lanjutnya, belum ada temuan rokok ilegal di Kota Madiun. Karenanya dengan acara senam bersama dan sosialisasi gempur rokok ilegal, mereka dapat membantu tugas Satpol PP untuk memberikan edukasi ke masyarakat agar tidak memakai, menjual, maupun mengedarkan rokok ilegal. (Den)

Check Also

Pupuk Jiwa Enterpreneur, SDN Pangongsean 1 Gelar Bazar Produk Makanan Khas Daerah 

  SeputarKita, Sampang – UPTD SDN Pengongsean 1, Kecamatan Torjun, Sampang mengadakan Bazar dan Gelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *