Kasatgas Korsupgah KPK RI Apresiasi Pemkot Madiun Karena Berhasil Raih SPI Terbaik Nasional Kategori Pemerintah Kota

 

SeputarKita, Madiun – Pemerintah kota Madiun kembali mendapatkan kunjungan dari Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) RI selasa, (04/4/2023) dalam kunjungannya kali kali ini KPK bersama rombongan yang di pimpin oleh kepala kepala Satgas koordinasi supervisi pencegahan korupsi (KORSUPGAH) Wilayah III KPK RI Uding Joharudin.

Kedatangan rombongan dari KPK ini bukan bermaksud untuk menangkap atau mencari kesalahan dari Pemerintah Kota Madiun, Namun kedatangannya ke kota Pendekar ini adalah untuk memberikan sosialisasi tentang pencegahan korupsi, yaitu terkait Program Monitoring Center for prevension (MCP) dan Survey Penilaian Integritas (SPI).

Pada saat memberikan sosialisasi Uding Joharudin juga menunjukkan hasil MCP serta SPI tahun 2022. Tak hanya itu Uding juga memberikan apresiasi kepada Daerah – daerah di Bakorwil 1 plus, apresiasi ini di berikan lantaran hasil MCP dan SPI di daerah – daerah tersebut termasuk sudah cukup bagus.

Seperti yang di ketahui, SPI kota Madiun adalah tertinggi secara nasional dari kategori kota. Untuk SPI kota Madiun mencapai angka 83,00 atas pencapaian itu, kota Madiun juga mendapatkan penghargaan dari ketua KPK Firli Bahuri di gedung Juang KPK.

“Semisal jika ini sekolah, nilai untuk semua sudah A, jadi untuk wilayah Bakorwil I plus itu semuanya sudah bagus – bagus.” Ungkap Uding.

 

MCP ini merupakan sebuah aplikasi atau dasbhord yang di kembangkan oleh KPK yang digunakan sebagai monitoring capaian kinerja pencegahan korupsi. Yang mana caranya melalui perbaikan tata kelola pemerintahan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

Ini wajib bagi kementrian, Lembaga, Pemerintahan Daerah, setidaknya delapan fokus areal intervensi. Yakni, perencanaan, dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, dan penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintahan (APIP) manajemen ASN, Optimalisasi pajak Daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola keuangan Desa, Nilai MCP kota Madiun di Tahun 2022 cukup tinggi hingga mencapai 94,38.

“Jika SPI itu semacam medical check-up kalau di dunia medis. Kita bisa saja bilang kalau tubuh kita itu sehat. Tetapi untuk pembuktiannya harus melalu medical checkup jadi SPI juga seperti itu. Artinya ini merupakan tolak ukur suatu lembaga atau Pemerintahan yang sehat atau bersih dari tindakan korupsi tidak.”ungkapnya.

Selain itu Uding juga menambahkan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut adalah bentuk tindak lanjut dari rapat koordinasi sekaligus peluncuran indikator monitoring center for prevention (MCP) tahun 2023. Dalam pelaksanaan kegiatan itu kepala Daerah juga mengikuti kegiatan tersebut secara virtual.(Den).

Check Also

PJ Bupati OKU Lantik Ribuan Tenaga PPPK di Gedung Olah Raga (GOR) Kota Baturaja

SeputarKita,OKU (Sumsel) – Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah melantik dan mengambil sumpah jabatan sebanyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *