Pertama di Magetan, RSUD dr. Sayidiman Magetan Berikan Satu Pelayanan Dengan Empat Fasilitas

 

SeputarKita, Magetan – Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman (RSDS) Kabupaten Magetan terus berbenah diri dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pasien.

Salah satu inovasinya adalah, menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magetan dengan meluncurkan program layanan kependudukan 4 in 1 secara gratis.

Melalui sistem ini, petugas rumah sakit melakukan update data anak yang di lahirkan di RSUD dr. Sayidiman Magetan. Data tersebut akan direspon oleh Disdukcapil dengan mengeluarkan Akta, KIA dan penerbitan KK baru.

Tidak hanya itu, untuk ibu yang melahirkan dengan kepesertaan BPJS baik Penerima Bantuan Iuran (PBI) maupun non PBI, untuk kepesertaan BPJS bayinya juga akan di uruskan oleh petugas rumah sakit. Sehingga pada saat pulang dari rumah sakit selain mendapatkan akta, kia dan KK, bayi juga sudah mendapatkan kartu BPJS sementara.

“Program seperti ini adalah yang pertama di Kabupaten Magetan, latar belakang program ini untuk meningkatkan mutu pelayanan RSUD dr. Syidiman Magetan Khususnya di bagian proses kelahiran atau kandungan “. Ujar Endang Sulistyorini, SKM. Kepala Humas dan Promkes RSUD dr. Sayidiman Magetan pada awak media. Kamis, (30/03/2023).

Endang Sulistyorini berharap dengan adanya program ini warga lebih mudah mengakses administrasi kependudukan. Dan masyarakat bisa memahami bahwa melahirkan di Rumah Sakit tidak hanya untuk kondisi darurat saja, kondisi normal pun bisa dilayani dengan baik oleh tenaga profesional.

“Untuk Program 4 in 1 ini, ada beberapa syarat yang dipenuhi, seperti dokumen KK Asli yang menyatakan penduduk asli/ sah suami istri yang tercatat, Foto copy KTP, surat nikah, Surat keterangan kelahiran yang nantinya akan dikeluarkan oleh Rumah sakit, dan yang lebih penting nomor HP yang bisa duhubungi.” Pungkasnya. (Aryo)

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *