Bupati Ponorogo Wisuda 1.828 Tahfidz Al Qur’an Siswa SMP 

 

SeputarKita, Ponorogo – Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko menghadiri wisuda akbar Tahfidz Al Qur’an jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Ponorogo di Pendopo Agung, Kamis (2/3).

Selain menghadiri, Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko juga sekaligus mewisuda tahfidz (hafal Al-Qur’an) sekitar 1.828 siswa SMP tersebut.

“Hari ini sangat luar biasa, kami diberikan suguhan dari anak- anak yang sangat luar biasa yang telah hafal Al Qur’an. Saya tidak pernah menangis tapi hari ini saya menangis. Dan kita bersyukur hari ini lahir generasi Al Qur’an yang luar biasa, tidak ada sejengkal tanah pun di Kabupaten Ponorogo yang tidak bisa dipakai sajadah, “ungkap Bupati Ponorogo Kang Sugiri.

Kang Sugiri menambahkan, tahfidz Al Qur’an merupakan pogram yang cita-citakannya menjadikan lembaga pendidikan SMP serasa madrasah akhirnya terwujud. Melalui Peraturan Bupati (Perbup) No. 37 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Keagamaan pada Pendidikan Dasar di Kabupaten Ponorogo serempak dijalankan SMP se Ponorogo baik negeri maupun swasta.

“Perbub ngaji lahir dari banyak pikiran ,ada banyak usulan dari tokoh agama di Ponorogo, kita kasih target lulus SD hafal jus ama, di SMP hafal Al Qur’an, sebagai sumber segala ilmu. Dan hari ini kita menghafal Al Qur’an betapa Ponorogo terang benderang oleh Al Qur’an. Mimpi kota Ponorogo sebagai kota santri semakin keren. Maka kami keluarkan Perbup penguatan karakter berbasis agama. Hasilnya 1.828 siswa hafal Al-Quran. Ini SMP, cita-cita kami SMP kita serasa madrasah, “imbuh Kang Sugiri.

 

Lebih lanjut Kang Sugiri mengatakan, pihaknya berharap melalui program ini, membaca dan menghafal Al Qur’an menjadi budaya di Ponorogo, yang kemudian melahirkan generasi-generasi Qur’any Ponorogo yang hebat secara intelektual dan akhlak.

“Berharap mengaji menjadi budaya atau habit tidak hanya mematuhi implementasi Perbup. Sehingga putra-putri kami hebat-hebat tidak hanya pintar, cerdas, ganteng, namun juga berakhlak. Al Qur’an menjadi benteng mereka. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu wali dan bapak ibu guru, yang telah menghasilkan para hafidz Al Qur’an. Saya tidak pintar Al Qur’an, maka dengan program ini diharapkan anak-anak di Ponorogo bisa menghafal Al Qur’an, “paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo Nurhadi Hanuri menyampaikan bahwa, pihaknya merasa bangga telah bersama-sama melaksanakan kegiatan wisuda akbar Tahfidz Al Qur’an jenjang SMP se-Kabupaten Ponorogo.

“Pada hari ini, Alhamdulillah kita melaksanakan wisuda akbar tahfidz Al Qur’an se-Kabupaten Ponorogo sekitar 1.828 siswa SMP. Dengan rincian 1.697 siswa hafal 1 juz, 66 siswa hafal 2 juz, 21 siswa hafal 3 juz, 21 orang hafal 4 juz, dan sisanya hafal lebih dari 5 juz, “ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Ponorogo Kang Sugiri juga secara khusus memberikan reward lima juta rupiah  kepada salah satu siswa yang telah hafal  30 juz.(ADV)

Check Also

Polres OKU Melaksanakan Kegiatan Penghijauan dan Penanaman Pohon Secara Serentak dalam Rangka Menyambut Hari Bhayangkara Ke 78

SeputarKita,Baturaja ( OKU ),- Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke 78, Polres OKU melaksanakan kegiatan Penghijauan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *