Peduli Pelaku UMKM, Eva Kusuma Sundari Kunjungi Pasar Gus Dur

 

SeputarKita, Jombang – Eva Kusuma Sundari (53) seorang aktivis perempuan, kelahiran Nganjuk Jawa Timur, dengan sahabat dekat lakukan kunjungan di pusat UMKM di wilayah kabupaten jombang.

Eva Sundari adalah politisi Indonesia yang pernah menjabat anggota DPR RI antara 2005 dan 2014 serta 2016 hingga 2019 dari PDI Perjuangan. Eva memulai kariernya sebagai seorang dosen dan peneliti ekonomi di Universitas Airlangga. Eva juga pernah menjadi konsultan di Asia Foundation

Tiba di lokasi, Eva langsung berbaur dengan aktivitas masyarkat mengunjungi sentra pasar pedagang kecil UMKM area Makam Gusdur / Ponpes Tebu ireng Jombang. Ketika bertemu awak media di stand pedangang UMKM, pihaknya menyampaikan salut atas perkembangan UMKM mulai masa pendemi sampai sekarang.

“Indonesia sangat tepat mengambil respon terhadap pandemi sampai saat ini, meskipun di negara negara lain masih ada resesi, dengan berakhirnya pandemi harapan kami sektor perekonomian masyarakat kecil segera pulih.Menyinggung perekonomian di indonesia sangat tergantung sekali pada sektor informal, dengan adanya pedagang kaki lima, lapak lapak kecil, UMKM, dll. Semua ini bisa menopang kebutuhan ekonomi di masyarakat.” ungkap Eva Kusuma Sundari.

 

Sementara itu, Enik salah satu pedagang yang sempat berdialog dengan Eva Kusuma Sundari menyampaikan keluh kesahnya selama pandemi dan kebangkitan usahanya saat ini.

“Selama pandemi memang penghasilan kami sangat menurun dan terasa sekali imbasnya, alhamdulillah saat ini pandemi sudah berakhir. Penghasilan agak membaik meskipun masih terasa sekali dampak pandemi. Bersyukur sekali lapak kami berada di area makam Gus Dur, karena banyak para wisata religi menyambangi lapak kami di sentra pedagang UMKM ini, contonya bu Eva sudi membeli beberapa barang dagangan saya,” tutur Enik.

Kemudian rombongan Mantan anggota dewan ini melanjutkan kunjungan di sentra UMKM dan terlihat sesekali melakukan dialog dengan pengunjung dan pelaku UMKM. Terlihat suasana akrab dan tidak ada jarak dengan masyarakat. (Red).

Check Also

Kemeriahan Kirab Budaya Bupati Gading Djoyonegoro

  SeputarKita, Ponorogo – Puluhan warga masyarakat tumplek blek memadati sepanjang jalan menyaksikan Kirab Budaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *