Terdampak Tanah Longsor, 4 Rumah Warga Sampang Rusak

SeputarKita, Sampang –  Akibat Tingginya intensitas guyuran hujan di Kabupaten Sampang, Jawa Timur beberapa hari ini menyebabkan terjadinya bencana alam tanah Longsor, tepatnya di Desa Paopaleh Laok, Kecamatan Ketapang. Sebanyak 4 rumah warga terdampak longsor hingga rusak berat.

Kejadian bencana alam tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 Wib. Kemungkinan terjadi longsor akibat curah hujan yang sangat tinggi sehingga membuat tanah tidak bisa menahan air hujan yang ada di dalamnya. Sabtu (31/12/2022).

Menurut keterangan Slamet dari Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS) Dinsos Sampang setelah menerima laporan dari petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) menjelaskan, kejadian bencana alam tanah longsor terjadi sekitar pukul 12.00 siang yang mengakibatkan 1 rumah milik Mahur (50) Tahun warga Ketapang Amblas yang menyebabkan, 1 Kamar Mandi (toilet) dan samping rumah jebol akibat longsor dan 1 kandang sapi milik Nasir, 1 toilet dan sebagian rumah kena longsor milik Maimuna dan 1 musholla milik Misra’e.

”Kejadian bencana alam tanah longsor di Desa Paopaleh Laok, Kecamatan Ketapang sekitar pukul 12.00 Wib dan mengakibatkan 4 orang pemilik terdampak mengalami rusak ringan dan berat,” jelasnya

Melanjutkan kemungkinan besar yang terdampak bencana alam tanah longsor tersebut ada di dataran tinggi dan semenjak kemarin sampai tadi pagi curah hujan intensitas tinggi sehingga membuat tanah yang tinggi tersebut tidak bisa menahan debit air hujan sehingga terjadi longsor.

”Sementara tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut dan kerugian ditaksir sekitar ratusan juta rupiah,” terangnya.

Dirinya dalam hal ini selaku relawan sosial sudah mendata dan melaporkan kepada pihak Kecamatan Ketapang dan akan di teruskan kepada Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sampang.

”Berharap ada perhatian Pemerintah Kabupaten Sampang untuk segera memberikan bantuan kepada warga terdampak akibat tanah longsor di Desa Paopaleh Laok,” Harapnya. ( Aji)

Check Also

Kerjakan Lebih Cepat dari Rencana, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Rekonstruksi Jalan Ruas Krapyak – Sumbergandu 

  SeputarKita, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun melanjutkan upaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *