Tumbuhkan Kecintaan dan Edukasi Generasi Milenial, Pemkab Magetan Kembali Gelar Pameran Tosan Aji

 

SeputarKita, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar Pameran Tosan Aji untuk kali kedua di Pendopo Surya Graha Magetan, Kamis, (24/11/2022).

Pameran Tosan Aji yang bakal digelar sampai tanggal 26 November 2022 ini, menampilkan sejumlah benda pusaka seperti keris, tombak, pedang, dan sejenisnya, dari kolektor se-Jawa dan Madura.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Hardjuno Goplo menyampaikan, Pameran Tosan Aji tahun ini mengambil tema Joyo Jayaning Nuswantoro. Adalah sebagai bentuk upaya untuk memelihara dan mengembangkan warisan budaya

“Pameran Tosan Aji ini adalah wujud kepedulian kami dalam pelestarian budaya Indonesia yang sudah diakui oleh dunia.” Ujarnya.

 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Joko Trihono berharap melalui Pameran Tosan Aji, anak-anak muda bisa ikut nguri-nguri budaya.

“Selain untuk melestarikan warisan budaya leluhur, Pameran Tosan aji diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan dan memberi edukasi kepada masyarakat khususnya kaum milenial sekarang inini tuturnya.

Selain pameran, ada juga Bazar UMKM, Serasehan Tosan Aji, Workshop Pande Tosan Aji, Bursa Tosan Aji dan Asesorisnya, Bursa Antikan, Parade Komunitas Sepeda Tua Indonesia serta gelar budaya Nusantara dari seniman Magetan dan sekitarnya.

 

Sementara itu, Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, S.H., M.Si, sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Dan merasa sangat senang dan bangga dengan kepedulian mereka dalam mempertahankan budaya Jawa.

Bupati Suprawoto juga mengajak warga Magetan, khususnya untuk generasi sekarang agar selalu melestarikan budaya.

“Tosan aji merupakan warisan budaya kita, sehingga perlu dilestarikan. Karna kalau bukan kita siapa lagi.” Pungkasnya. (Red)

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *