Santok Kembali Jadi Perhatian Pemkab Magetan

SeputarKita, Magetan – Icip – icip mangga santok Magetan, suatu ide yang digagas Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan untuk melestarikan tamanan mangga Santok yang menjadi buah khas Kabupaten Magetan.

Diikuti 31 Peserta dari sekitaran kota Magetan, Dinas TPHPKP mengadakan perlombaan rasa dari buah mangga khas Magetan ini di Kebun Bunga Refugia, Kecamatan Plaosan, Magetan. Sabtu, (26/11/22).

Kegiatan ini digelar karenakan buah mangga yang sangat populer di masyarakat pada masa lalu ini sedang mengalami kepunahan.

Disela acara, Ir.Uswatul Chasanah, MMA selaku Kepala Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan mengatakan, pihaknya ingin mengangkat kembali tanaman Mangga asli Magetan ini, salah satunya dengan Mengadakan perlombaan ini.

“Kita akan kembali mengangkat mangga asli Magetan ini, salah satunya dengan mengadakan perlombaan ini. Nantinya dari pemenang lomba ini akan kita jadikan indukan, kita sudah tahu kualitasnya melalui proses seleksi, baik Rasa, bentuk dan warnanya.”Ujarnya.

“Saya berharap dari kegiatan Ini, Santok yang asli Magetan terus kita budidayakan yang nantinya bisa menyebar di wilayah Magetan. Sehingga nantinya tidak hanya Pamelo saja yang menjadi icon, tapi kita angkat kembali Santok Magetan ini.” Harap Uswatul.

Sebagai pemenang dalam perlombaan ini, Juara Satu diraih oleh Budi dari Desa Bulukerto, Juara kedua Roshid dari Kelurahan Bendo, Juara ke tiga diraih Amat dari Desa Bayem Wetan, Kecamatan Kartoharjo.

Sedangkan untuk juara harapan satu diraih oleh Jumi, dari Desa Belotan, Kecamatan Bendo. Juara harapan dua diraih oleh Herman dari Desa Nglopang, Kecamatan Parang. Dan juara harapan ketiga diraih oleh Sardi Desa Mangunrejo, Kecamatan Kawedanan. Penilain perlombaan ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2022.(Tris)

Check Also

Kawal Rekom, Gus Mamak Dan H. AB Bersama Partai Pengusung Sambangi DPC Partai Demokrat & PKS

  SeputarKita, Sampang – Partai pengusung Paslon Cabub dan Cawabub Gus Mamak dan H Abdullah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *