Peringati HKN Ke-58, Prodia Berikan Pelayanan Pemeriksaan Hemoglobin Pada Remaja Sebagai Bentuk Dukungan Program Pemerintah Cegah Stunting Pada Remaja

SeputarKita, Madiun – Kasus stunting saat ini masih menjadi isu kesehatan anak-anak di Indonesia. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, stunting didefinisikan sebagai kondisi gangguan pertumbuhan dan perkembangan badan balita, anak-anak, atau remaja yang berada dibawah rata-rata umurnya, yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi dan gizi kronis.
Stunting memiliki dampak serius bagi pembangunan bangsa, terutama pembangunan kesehatan terhadap kualitas generasi penerus bangsa. Tentunya perlu keterlibatan aktif antara masyarakat, gugus tugas pelayanan kesehatan, dan pemerintah setempat untuk menekan angka prelevansi stunting di lingkungan masyarakat.
Sebagai dukungan terhadap pemerintah Kota Madiun dalam mencegah stunting pada remaja, PT Prodia Widyahusada, Tbk. (Kode Saham: PRDA) berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan PPKB Kota Madiun memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 pada Selasa, 22 November 2022 di Ngrowo Bening EduPark Kota Madiun.
Peringatan HKN ini menjadi momentum edukasi kepada para remaja tingkat Pendidikan SD hingga SMA tentang pentingnya menjaga kesehatan dan upaya mencegah terjadinya stunting di usia remaja, terutama remaja perempuan.
Prodia melakukan pemeriksaan Hemoglobin (Hb) kepada 250 remaja putri tingkat SMP dan SMA yang berpartisipasi dalam kegiatan peringatan HKN ini.
Selain pemeriksaan Hb, peringatan HKN ini juga diramaikan dengan kegiatan-kegiatan lainnya seperti senam bersama, sarapan bersama, edukasi pencegahan stunting pada remaja, dan penampilan hiburan.
Kegiatan ini melibatkan 500 kehadiran peserta, dari komunitas sosial, pemerintah daerah, kelompok paguyuban masyarakat, serta sejumlah perwakilan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang beroperasi di Kota Madiun.
Keterlibatan aktif ini diharapkan dapat membawa pesan kepada masyarakat secara luas mengenai pentingnya menjalani hidup sehat. Masyarakat diharapkan turut berpartisipasi sedini mungkin untuk mencegah terjadinya stunting pada remaja di lingkungannya dengan upaya-upaya yang sederhana, seperti mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) dan memerhatikan pola konsumsi dan nutrisi makanan sehari-hari.
Branch Manager Prodia cabang Madiun, Partini, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan PPKB Kota Madiun yang telah melibatkan Prodia sebagai partner utama untuk bisa mengedukasi masyarakat mengenai bahaya stunting pada remaja dan dampaknya bagi pembangunan daerah.
“Kami mengapresiasi Pemerintah Daerah Kota Madiun yang melibatkan Prodia dalam proses skrining Hb untuk mencegah terjadinya stunting di kalangan remaja, terutama remaja perempuan. Prodia berharap kontribusi aktif kami dalam kegiatan bersama Pemerintah Daerah Kota Madiun, dapat membangun kepedulian dan perhatian masyarakat melalui upaya-upaya kolaboratif untuk mencegah sedini mungkin stunting di lingkungan masyarakat.” ujar Partini.
Kegiatan Pemeriksaan Hb ini adalah bagian dari implementasi program CSR Prodia melalui Prodia cabang Madiun. Kegiatan ini menjadi bentuk komitmen Prodia untuk bisa berkontribusi secara sosial bersama pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.
Kegiatan ini sejalan dengan pilar pertama Prodia Sustainable Action Plan (PSAP), yaitu ikut serta dan berperan aktif dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia melalui promosi paradigma kesehatan. Melalui penjajakan kolaborasi dan kerjasama dengan lembaga kesehatan lokal, Prodia yakin dapat memberikan edukasi dan sosialisasi yang komprehensif tentang kesehatan kepada masyarakat secara optimal dan sesuai dengan sasaran.
Dengan menjalin kerjasama berkelanjutan bersama pemerintah Kota Madiun selaku pemangku kepentingan, tentunya Prodia berharap hal ini berdampak baik bagi kedua belah pihak dan pada akhirnya menunjang kegiatan usaha Prodia ke depannya.
Tentang PT Prodia Widyahusada Tbk.
Laboratorium klinik Prodia didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Sejak awal, Andi Widjaja beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.
Sebagai pemimpin pasar, sejak 2012 Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of American Pathologists (CAP). Seluruh cabang Prodia telah mendapatkan akreditasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya dari College of American Pathologist (CAP), sebuah Lembaga profesi bidang laboratorium kesehatan di Amerika Serikat yang mendapatkan pengakuan internasional – selama 10 tahun berturut-turut. Dengan Akreditasi CAP ini, kualitas standar suatu Laboratorium klinik dinilai berdasarkan acuan Internasional, karenanya hasil Prodia dapat dipergunakan tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di mancanegara. Sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.
Pada 7 Desember 2016, Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana Prodia sebagai emiten ke-15 di tahun 2016, dengan kode saham “PRDA”. Dalam aksi korporasi itu, Prodia telah menawarkan saham perdana sebanyak 187,5 juta lembar saham. Dengan demikian, dana yang diraih dari penawaran umum perdana saham (IPO) perseroan mencapai sebesar Rp 1,22 triliun.
Hingga saat ini, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 261 outlet, termasuk di 75 kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia, beberapa diantaranya merupakan Prodia Health Care (PHC) yakni layanan wellness clinic yang berbasis personalized medicine serta specialty clinics yang terdiri dari Prodia Children’s Health Centre (PCHC), Prodia Women’s Health Centre (PWHC) dan Prodia Senior Health Centre (PSHC).
Prodia telah meluncurkan Kontak Prodia 1500-830 dan personal assistant virtual berbasis online Tanya Prodia (TANIA). TANIA dapat diakses oleh siapapun khususnya pelanggan Prodia secara langsung kapanpun dan dimanapun secara online diantaranya melalui LINE: @prodia.id, Telegram: @prodia.id, Facebook Messenger: @prodia.id dan Website Prodia: www.prodia.co.id. Layanan Prodia juga dapat dijangkau melalui Aplikasi Mobile Prodia (Prodia Mobile Apps) yang dapat diunduh melalui App Store & PlayStore.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi www.prodia.co.id atau menghubungi :Marina Eka Amalia
Corporate Secretary
PT Prodia Widyahusada Tbk.
Ph. +62-21-3144182 ext 3816
Email corporate.secretary@prodia.co.id (Red)

Check Also

PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Resmikan Klinik Utama Mata Baturaja Sriwijaya Eye Centre (BSEC)

  SeputarKita,OKU ( SUMSEL) – Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah meresmikan Klinik Utama Mata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *