Polwan Polsek Sukorejo Lakukan Pengamanan Dan Monitoring Vaksinasi PMK

Wakapolsek Sukorejo Iptu Nurul Hidayah bersama anggota Polwan melaksanakan pengamanan dan monitoring vaksinasi PMK

 

SeputarKita, Ponorogo – Petugas Polwan dari Polsek Sukorejo bersama instansi melaksanakan pengamanan dan monitoring vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Morosari, Selasa (2/8).

Pada kegiatan tersebut dihadiri Wakapolsek Sukorejo Iptu Nurul Hidayah, anggota Polwan, Pemdes Morosari, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo, serta warga pemilik ternak.

“Adapun lokasi vaksinasinasi PMK terkait hewan ternak tahap 1 di Dukuh Krajan Desa Morosari dengan total tervaksin sebanyak 100 ekor sapi. Sasaran vaksin diambil dari data ternak di tingkat desa yang sudah siap untuk dilakukan vaksinasi, merupakan hewan ternak jenis sapi dengan kondisi sehat. Vaksin menggunakan merk Aftopor (dari Prancis) dengan dosis masing-masing sapi sebanyak 2 ml. Untuk pelaksanaan vaksinasi dengan sistem door to door ke kadang milik warga, “kata Wakapolsek Sukorejo Iptu Nurul Hidayah.

Iptu Nurul Hidayah menambahkan, vaksinasi yang dilaksanakan tersebut merupakan vaksin pencegahan penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan bukan merupakan vaksin untuk penyembuhan sapi yang mengalami PMK.

“Setiap pemilik Sapi yang divaksin didata dengan menyertakan NIK untuk dientry data disistem Dinas Peternakan Ponorogo. Sapi yang sudah divaksin selanjutnya diberikan penanda berupa cat warna biru dengan coretan nomer urut vaksin. Vaksin dalam 100 Dosis di usahakan habis tervaksin semua agar tidak ada sisa. Pelaksanaan Vaksinasi tahap 2 pada hewan sapi yang dinyatakan sehat akan dilakukan kembali dua bulan kemudian setelah vaksinasi tahap 1 selesai, “pungkasnya.(hd)

Check Also

Pupuk Jiwa Enterpreneur, SDN Pangongsean 1 Gelar Bazar Produk Makanan Khas Daerah 

  SeputarKita, Sampang – UPTD SDN Pengongsean 1, Kecamatan Torjun, Sampang mengadakan Bazar dan Gelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *