Upacara Galungan Wonomulyo Cerminan Nilai – Nilai Pancasila Mendapatkan Apresiasi Dari Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur


SeputarKita, Magetan– Upacara Galungan dalam rangka memperingati Haul meninggalnya tokoh pendiri Dusun Wonomulyo yang biasa di sebut dusun Djeblok Ki Hajar Wonokoso yang masuk Desa Genilangit kecamatan Poncol kabupaten Magetan.

Kegiatan Galungan Haul Babat alas Dusun Wonomulyo mendapat apresiasi dari anggota DPRD Propinsi Jawa timur dari fraksi PDIP Diana Amaliyah yang biasa di panggil Diana Sasa.

Dengan mengenakan baju adat Anggota DPRD Fraksi PDIP Provinsi Jawa Timur Diana Amaliyah Verawatininsih yang akrab disapa Diana Sasa .

Anggota DPRD Provinsi Diana Sasa sangat mengapresiasi kepada pemerintag kabaputaen Magetan yang sudah menjadikan prosesi adat upacara Galungan budaya lokal dusun Wonomulyo desa Genilangit ini di masukan dalam agenda Calender of events of pemkab Magetan tahun 2022.secara pribadi iapun sangat menyukai karena dalam upacara Galungan ini tercermin apa itu Pancasila dimana sangat menjunjung tinggi nilai nilai toleransi.

Kepada wartawan Diana Sasa mengatakan “Dengan adanya upacara adat galungan haul peringatan hari wafatnya Ki hajar wonokoso yang babat alas desa ini, Warga masyarakat bersatu padu bekerjasama saling bergotong royong mengirim do’a meskipun masing masing berbeda keyakinanya sehingga kerukunan toleransi beragama ini sangat terjaga.” Terangnya. Senin Malam (6/06/2022)

“Dusun Wonomulyo ini mempunyai potensi wisata alam yang sangat indah,iapun juga pernah mengajak temanya dari luar negeri dan sangat takjub dengan keindahan alam yang ada di sini,dengan udara yang segar,suasana kedamaian juga masyarakat yang ramah dan ini menurutnya salah satu potensi wisata yang perlu di gali dah sudah digali,dan masyarakat sini sudah menyediakan home stay sehingga wisatawan bisa menginap disini.” Imbuhnya.

Untuk menarik pengunjung wisatawan dari luar datang kesini Diana Sasa berikan saran dan berharap agar di persiapkan segala sesuatunya tradisional seperti sajian makanan,minuman termasuk suguhan musik tradisional sehingga akan sesuai dengan suasana kekayaan alam di dusun Wonomulyo ini dan ini yang perlu ditingkatkan lagi.


“Saya akan berupaya ngobrol bareng dengan Karangtaruna bagaimana bisa memberikan edukasi dengan mendatangkan narasumber dari desa wisata yang maju agar bisa berbagi pengalaman,dan meyakinkan bahwa sajian tradisional itu laku,sehingga akan menarik wisatawan dari luar ke dusun Wonomulyo ini.”tutupnya.(G.tris)

Check Also

Doa Lintas Agama, Pemdes Wonokerto Gelar Sedekah Desa

  SeputarKita, Jombang – Pemerintah Desa (Pemdes) Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang menggelar sedekah desa. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *