Perumdam Lawu Tirta Magetan Tingkatkan Pelayanan Untuk Penyandang Disabilitas

Peserta dan narasumber pelatihan Kesetaraan Gender, Disabilitas dan inklusi sosial. Rabu, (22/06/2022).


SeputarKita, Magetan – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan terutama bagi para menyandang disabilitas, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Lawu Tirta Magetan mengadakan pelatihan Kesetaraan Gender, Disabilitas dan inklusi sosial. Rabu, (22/06/2022).

Pelatihan yang bekerjasama dengan Kemitraan Indonesia Australia (KIAT) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif melalui peningkatan akses terhadap infrastruktur untuk semua orang ini rencananya akan di gelar selama dua hari, Rabu (22/06) dan Kamis (23/06).

Kegiatan yang bertempat di Aula Pengadilan Negeri Kabupaten Magetan ini menghadirkan Cucu Saidah, salah seorang Pejuang Kesetaraan bagi Kaum Disabilitas nasional sebagai narasumber. 

Dalam pelatihan ini Perumdam Lawu Tirta mengirim sekitar 30 Karyawan dari 9 cabang dan sebagian dari karyawan kantor pusat Perumdam Lawu Tirta Magetan.

Direktur Utama Perumdam Lawu Tirta Magetan Ir. Choirul Anam (kanan), didampingi Direktur Umum dan Keuangan Perumdam Lawu Tirta Magetan (kiri) 

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Perumdam Lawu Tirta Magetan Ir. Choirul Anam mengatakan, untuk Tahun 2021-2022 ini, program hibah air minum berbasis kinerja adalah program kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Australia.

“Dalam kegiatan tersebut salah satu syarat wajib yang harus kita ikuti adalah program KEGDI (Kesetaraan Gender, Disabilitas ,dan inklusi sosial).” Terangnya.

“Hari ini adalah kegiatan pelatihan teknis untuk memberikan pelayanan kepada saudara kita yang kebetulan menyandang disabilitas, persamaan gender dan inklusi sosial. Kita ingin mereka mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari kami.” Lanjutnya.

“Kami menghadirkan Tim KIAT dari Bandung dan Sidoarjo untuk memberikan tutorial dan materi terkait tekhnis tersebut. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, dan nantinya bisa memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh elemen masyarakat.” Harapnya. 

Suasana Pelatihan saat pelatihan Kesetaraan Gender, Disabilitas dan inklusi sosial.

Cucu Saidah sebagai narasumber menuturkan, Ini adalah program kerjasama KIAT infrastruktur antara pemerintah Indonesia dengan Australia dengan nama program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (HAMBK).

“Untuk hari ini kita fokus Masalah kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial. Kami dari tim Gender Equality Disability and Social Inclusion (GEDSI) dengan program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (HAMBK) menyampaikan tentang konsep Gender, Disabilitas dan Inklusi sosial beserta hambatannya.” Tuturnya.

“Kami berharap perubahan cara pandang tentang disabilitas, persamaan gendergender dan inklusi sosial. Setelah ada perubahan cara pandang, nanti bisa sebagai bekal perubahan Perumdam Lawu Tirta Kabupaten Magetan untuk memberikan pelayanan yang baik bagi seluruh pelanggan, tentu yang didalamnya ada kelompok – kelompok yang paling beresiko, yaitu disabilitas, lansia dan sebaginya.” Pungkas Cucu. (Tris).

Check Also

Gagal Nikah, Pria di Ponorogo Nekat Tenggak Pestisida

  SeputarKita, Ponorogo – Seorang pria muda ditemukan tewas dengan posisi terlentang di jalan area …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *