Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang Launching Sistem Pembayaran Air Minum Pra Bayar


SeputarKita, Pemalang – Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang terus melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada di bidang air minum. Salah satu inovasi yang di lakukan pada pertengahan tahun 2022 adalah dengan sistem meluncurkan pembayaran air minum prabayar. 

Launching sistem pembayaran air minum prabayar bertempat dihalaman depan Kantor Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang oleh wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat.ST dengan di dampingi Direktur utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, H. Slamet Efendi, SE, MM. Selasa, (7/6/2022).

Hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopinda Kabupaten Pemalang, seluruh pimpinan Perusda Kabupatrb Pemalang, Dirut/Direktur PDAM / PERUMDAM se – Jawa Tengah serta tamu undangan lainnya.

Adapun sistem pembayaran air minum prabayar adalah layanan bagi pelanggan Perumda Air Minum Kabupaten Pemalang dengan menggunakan meter air digital yang memungkinkan pelanggan untuk mengendalikan sendiri pemakaian airnya sesuai kebutuhan dan kemampuanya dengan melakukan pembayaran/pembelian token di awal.

Direktur utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, H. Slamet Efendi, SE, MM. menjelaskan, Pada sistem pembayaran air minum prabayar,pelanggan terlebih dahulu harus membeli token isi ulang untuk mendapatkan air dengan jumlah kubikasi yang tertentu adapun nilai token yang tersedia saat ini adalah Rp.50.000,- dan Rp.100.000,-

“Token isi ulang air minum tersebut telah tersedia di kantor pelayanan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang dan mitra – mitra pembayaran yang bekerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang.” Terangnya.

Disamping itu sistem pembayaran air minum prabayar diharapkan menjadi salah satu solusi bagi PDAM / PERUMDAM di Indonesia untuk mengatasi permasalahan tunggakan, menghindari pemutusan sambungan, serta mencegah terjadinya benturan antar pelanggan dengan petugas penagihan dan petugas pemutusan sambungan.

Pada masa uji coba,meter air digital prabayar telah terpasang beberapa pelanggan di salah satu kawasan perumahan di kota Pemalang, kedepan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang akan melakukan pemasangan meter air digital prabayar pada unit – unit baru di kawasan perumahan. 

Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat. ST berharap dengan menjadi yang pertama di Indonesia dengan menerapkan sistem pembayaran air minum prabayar, Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang semakin maju dan semakin profesional dalam melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Pemalang. (FahmiNur).

Check Also

Gangguan Pengereman, Bus Tujuan Sarangan Alami Laka Tunggal

  SeputarKita, Magetan – Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di Jalan Raya Cemorosewu-Plaosan, tepatnya di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *