Pemdes Sumbersari Salurkan BLT-DD, Zwenly Berharap Masyarakat Merasakan Manfaat Dana Desa


SeputarKita, Ngawi – Pemerintah terus berupaya menggenjot pemulihan ekonomi pasca pandemi, hingga kini, satu diantara programnya yaitu memberikan stimulan kepada masyarakat miskin atau rentan miskin dengan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Program pemerintah yang dijalankan melalui Kementrian Desa tersebut, guna menuntaskan kemiskinan ekstrim yang terjadi di desa. Diketahui, Kemendesa sendiri menyatakan bahwa APBN tahun 2022 telah mengatur penggunaannya, sebesar 40 persen dari dana desa dipersiapkan untuk BLT DD.

Mengimplementasikan program tersebut, desa Sumbersari, kecamatan Sine, Ngawi, pada 14 Juni ini telah menyalurkan BLT DD untuk 96 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Mengalokasikan Dana Desa tahap dua, masing-masing KPM menerima sebesar 600 ribu rupiah dari tahap lima dan enam.

Sementara, Kepala Desa Sumbersari, Zwenly Setyopramono menyebut, sesuai arahan pemerintah, program ini dimaksudkan agar masyarakat dengan kemampuan ekonomi menengah kebawah merasakan manfaat secara langsung dari adanya dana desa.

Diutarakannya, merujuk keputusan Kemendesa, BLT dana desa akan disalurkan hingga Desember 2022 nanti. Sebagai jaring pengaman sosial, tentu diharapkannya bantuan tersebut bisa meringankan beban dalam mencukupi kebutuhan pokok masyarakat.

“Melalui dana desa (BLT-DD) ini merupakan salah satu bantuan yang diberikan sebagai upaya menekan dampak pandemi Covid-19. Terutama bagi warga kurang mampu yang terdampak secara ekonomi dan belum tersentuh bantuan dari pusat. Sehingga, dengan bantuan ini, diharapkan mampu meringankan beban masyarakat untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari” jelas Zwenly. (Pri/pathok).

Check Also

Polres OKU Melaksanakan Kegiatan Penghijauan dan Penanaman Pohon Secara Serentak dalam Rangka Menyambut Hari Bhayangkara Ke 78

SeputarKita,Baturaja ( OKU ),- Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke 78, Polres OKU melaksanakan kegiatan Penghijauan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *