Digelar Sederhana, Sedekah Bumi Desa Susukan Tetap Meriah


SeputarKita, Pemalang – Sedekah Bumi merupakan salah satu upacara adat berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam. 

Upacara ini biasanya ditandai dengan pesta rakyat yang diadakan di balai desa atau di lahan pertanian maupun tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat.

Seperti yang terlihat di Desa Susukan, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat yang telah diberikan, terutama hasil bumi. Pemerintah desa setempat menggelar sedekah Bumi namun dilaksanakan dengan Sederhana di karenakan pandemi Belum berakhir, 


Walau demikian, tidak mengurangi antusias masyarakat Desa dalam melaksanakannya, warga berduyun – duyun mendatangi Balai Desa dengan membawa berbagai makanan dari hasil Bumi setempat dan juga tidak lupa tetap mematuhi peraturan yang berlaku. Rabu, (01/05/2022). 

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Susukan, Lembaga Desa, masyarakat Desa Dan Para tamu undangan.

Dalam Sambutanya Kepala Desa Susukan Irfanudin mengucapkan terimakasih Kepada Seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan untuk kegiatan sedekah bumi kali ini. Walau cukup Sederhana dalam pelaksanaanya. 


Irfanudin Berharap dengan di gelarnya sedekah Bumi ini bisa mempererat tali silaturahmi sesama Warga dan dapat di jadikan ajang rembug Bareng untuk mewujudkan desa yang Harmonis dan Dinamis serta bisa melestarikan Budaya Yang ada.

“Selain itu, semoga hasil panen kedepan semakin melimpah dan masyarakat desa Susukan selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan keberkahan serta dijauhkan dari balak bencana.” Ujarnya. 

“Semoga kedepannya Acara Sedekah Bumi dapat dilakukan seperti sebelum Pandemi,  lebih meriah dan mampu menjadikan acara ini sebagai salah satu kearifan lokal Desa. ” Pungkasnya. (FahmiNur). 

Check Also

MPP Tambah Dua Layanan Baru dari Polres Magetan

  SeputarKita, Magetan – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Magetan kini semakin lengkap dengan hadirnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *