Bersih Desa Tumpak Pelem Gelar Wayang Kulit


SeputarKita, Ponorogo – Dalam rangka memperingati bersih desa, Pemdes Tumpak Pelem Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo menggelar serangkaian kegiatan dengan menyuguhkan kesenian adat, kebudayaan dan keagamaan.

“Gelaran seni budaya ini menampilkan sejumlah grup reog yakni reog singo utomo, reog mulang joyo, reog singo budoyo. Selain reog, juga digelar jalan santai dengan beragam hadiah pada Minggu (12/6) kemarin, kesenian jaranan tanggal (14/6) besuk menampilkan jaranan new taruno mudo dan jaranan turonggo wibowo serta pagelaran wayang kulit semalam suntuk tanggal (15/6) dengan dalang Ki Anom Dwijokangko lakon wahyu ponco darmo sekaligus ruwatan bersih desa, “kata Kades Tumpak Pelem Atik Sumiati, Kamis (16/6).

Ati Sumiati menambahkan, acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan dalam rangka bersih desa yang digelar Pemdes Tumpak Pelem bersama warga, selain sudah tradisi turun temurun, juga merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rizki dan kesehatan, kesejahteraan serta hasil panen yang diperoleh selama ini.

“Juga untuk bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu diberikan keberkahan, keselamatan, terhindar dari segala wabah maupun bencana bagi seluruh warga Desa Tumpak Pelem. Acara bersih desa ini digelar dari tanggal 12 hingga15 Juni 2022, yang sebelumnya sempat ditiadakan akibat pandemi Covid-19, “imbuhnya.

Lebih lanjut Atik Sumiati berharap, dengan bersih desa yang digelar tersebut, menjadikan Desa Tumpak Pelem kedepannya aman, damai, sejahtera dan lancar dalam menjalankan roda pemerintahan serta terwujudnya pemerataan pembangunan.

“Terimakasih kepada semua pihak baik lembaga pemerintahan desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama, dan seluruh warga atas partisipasinya, dalam acara bersih desa ini sehingga acara berjalan lancar. Dan semoga dengan bersih desa ini membawa keberkahan tersendiri bagi Desa Tumpak Pelem, “pungkasnya.(hd)

Check Also

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

  SeputarKita, Gresik – Apel Operasi Patuh Semeru 2024 yang dipimpin Wakapolres Gersik Kompol Danu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *