Rutan Magetan Gelar Operasi Penggeledahan Bersama TNI-POLRI


SeputarKita, Magetan – Lagi dan lagi, Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto beserta jajaran melakukan operasi penggeledahan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kali ini, Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menggandeng jajaran TNI-Polri untuk bekerja sama menggeledah kamar hunian. Langkah tersebut juga termasuk salah satu rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58 bertajuk “Pemasyarakatan Bersih-bersih”.

Sebelumnya, pihak Rutan telah mengirimkan surat undangan untuk Kodim 0804 Magetan dan Polres Magetan terkait pelaksanaan operasi penggeledahan bersama. Menindaklanjuti undangan tersebut, pada Kamis (21/04/2022), sebanyak 10 personel masing-masing dari Polres dan Kodim diterjunkan untuk melancarkan operasi penggeledahan yang dimaksud.

Kegiatan diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Karutan Eries Sugianto. Tak panjang lebar, Karutan langsung mengamanatkan tujuan diadakannya operasi penggeledahan dan menekankan pentingnya sikap humanis dalam proses penggeledahan nantinya.

Selanjutnya Didi Rahmadi selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan membagi seluruh personel ke dalam 2 tim. Setiap tim diarahkan menuju kamar hunian yang sudah disepakati sebelumnya. Tim 1 dibawah komandonya langsung sigap menuju blok barat kamar E1 dengan jumlah penghuni 30 WBP, Kamar E2 dengan 17 WBP, serta Kamar D6 dengan 4 WBP.

Di tempat terpisah, yakni blok timur, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rudi Erwanto ditunjuk sebagai komandan tim 2. Tak tanggung – tanggung, 7 kamar hunian digeledah tanpa terkecuali. Meski begitu, seluruh proses kegiatan nampak berjalan dengan suasana yang santai dan humanis.

Karena kegiatan penggeledahan kali ini bertepatan dengan momen bulan Puasa dan berlangsung menjelang waktu berbuka, seluruh personel gabungan juga turut membagikan menu takjil sembari merekatkan rasa kebersamaan dengan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Di akhir Kegiatan, bersamaan dengan gelar hasil operasi, Eries mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran yang telah bekerja sama dalam mensukseskan kegiatan. “Selain memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan, kegiatan operasi penggeledahan ini juga merupakan wujud sinergi kami dengan TNI dan Polri dalam upaya pencegahan gangguan kamtib”, terang Eries Sugianto. (Humas Rutan Magetan)

Check Also

Gagal Nikah, Pria di Ponorogo Nekat Tenggak Pestisida

  SeputarKita, Ponorogo – Seorang pria muda ditemukan tewas dengan posisi terlentang di jalan area …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *