Honor Pengurus RT/RW Desa Gemarang Diberikan, Kepala Desa Sebut Mereka Adalah Ujung Tombak


SeputarKita, Ngawi – Pemerintah Desa Gemarang, kecamatan Kedunggalar, Ngawi mengeluarkan honorarium RT dan RW di balai desa setempat pada Rabu (27/04/2022). Dialokasikan dari Anggaran Dana Desa (ADD), sejumlah 63 ketua RT dan 8 ketua RW masing-masing menerima sebesar seratus ribu rupiah setiap bulannya.

Kepala Desa Gemarang, Sunarni, menuturkan, RT/RW di wilayahnya merupakan miniatur dari desa Gemarang seutuhnya. Sehingga diharapkan, mereka harus menjadi agen perubahan untuk Gemarang lebih baik.

Menurutnya, RT/RW adalah ujung tombak dari pemerintahan desa, sebab itu jalinan silaturahmi atau koordinasi menjadi sebuah keharusan. Seyogyanya, keberadaannya merupakan penghubung sampainya aspirasi masyarakat kepada pemerintah desa.

“RT/RW ini kan miniaturnya desa, baik buruknya pemerintahan desa ada di tangan mereka, sehingga menjadi sebuah kewajiban bagi kami untuk menjalin silaturahmi yang baik dan saling berkoordinasi” ujar Sunarni.

Peran aktif RT/RW, sambung Sunarni, sangat krusial dalam menciptakan kerukunan dan kondusifitas lingkungan. Mereka (RT/RW), turut menunjang stabilitas nasional dengan menegakkan serta menjaga ketertiban, pengelolaan dan pembinaan wilayah.

Adanya kemitraan yang baik antara pengurus RT/RW dengan pemerintah desa, katanya, mampu menjadi landasan pelaksanaan program pemerintah dalam melibatkan masyarakat secara aktif. Hasilnya, akan menumbuhkembangkan dan mengimplementasikan gotong royong atau kebersamaan di tengah masyarakat.

“Peran RT/RW ini sangat krusial, mereka menunjang stabilitas nasional, ya dimulai dengan menegakkan serta menjaga ketertiban lingkungan. Misalnya dari hal kecil, menertibkan kegiatan Siskamling, kerja bakti dan semua hal yang mengimplementasikan gotong royong mampu menciptakan kondusifitas” tandas Sunarni. (Gus).

Check Also

Kerjakan Lebih Cepat dari Rencana, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Rekonstruksi Jalan Ruas Krapyak РSumbergandu 

  SeputarKita, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun melanjutkan upaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *