Dua Hari Diguyur Hujan, Ratusan Rumah dan Persawahan di Jombang Terendam Banjir


SeputarKita, Jombang – Akibat hujan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Jombang dan sekitarnya dua hari ini, mengakibatkan beberapa sungai yang mengalir diwilayah Jombang meluap. Diantaranya sungai cetak banteng yang hulunya ada di Kandangan, Kediri dan sungai pancir gunting yang hulunya ada di Wonosalam, Jombang. Jumat, (11/03/2022).

Kedua sungai sudah tidak mampu menampung debit air yang begitu tinggi hingga berakibat air dari sungai meluap ke pemukiman warga dan area persawahan yang ada di daerah Jombang khusunya diwilayah Desa Tugusumberejo Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Dampak dari banjir ini yang paling parah dirasakan oleh warga Dusun Ngudi dan Dusun Nglajur, Desa Tugusumberejo.

Menurut Eryk Sekcam Peterongan ketika dikonfirmasi team dari Media Seputar Kita, banjir ini adalah banjir kiriman yang selalu terjadi tiap tahun dan mengakibatkan banjir di daerah kecamatan Peterongan dan sekitarnya.

“Dalam satu tahun di musim penghujan ini sudah dua kali terjadi banjir seperti ini, karena pintu – pintu air dibuka semua dan mengalir ke wilayah kami.” Tuturnya.

Banjir yang melanda Dusun Ngudi dan Dusun Nglajur cukup parah, karena ketinggian air mencapai satu sampai dua meter, sehingga warga tidak bisa beraktifitas.

Kepala dusun Ngudi, Khoirul Anam berinisiatif membuat dapur umum dan mengajak warga secata sukarela untuk memasak dan membagikan makanan kepada warga yang bertahan dirumahnya karena terjebak banjir. (mz)

Check Also

Gagal Nikah, Pria di Ponorogo Nekat Tenggak Pestisida

  SeputarKita, Ponorogo – Seorang pria muda ditemukan tewas dengan posisi terlentang di jalan area …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *