Gubernur Jatim Usulkan Kampung Manik – Manik Gudo Jombang Jadi Desa Devisa


SeputarKita, Jombang – Didampingi Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, Ema Umiyyatul Chusnah Anggota Komisi IV DPR RI, Direktur Bank Jatim, Kepala Bapenda Provinsi Jawa Timur, Kadiskop Provinsi Jawa Timur, Sekdakab Jombang, Direktur BUMD dan Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang serta Forkopimcam Gudo, Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa meninjau UKM pengrajin manik manik di Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang Sabtu (12/2/2022) sore.

Gubernur Khofifah mengatakan Manik Manik Gudo Jombang, Jatim merupakan produk warga desa yang sudah menembus pasar ekspor, seperti Amerika, Singapura dan sejumlah negara yang lain. Sedangkan untuk pasar nasional, produk manik-manik berupa kalung, gelang, bros, dan aksesoris ini menjadi favorit turis Bali dan Martapura.

“Ini menarik, motif yang ada di manik-manik ini bukan dicat lho. Tapi dibentuk saat meleburkan dan membentuk manik di atas api, ratusan tahun motif ini tidak akan rusak,” jelasnya.

Beberapa pengrajin tengah bekerja. Batangan limbah kaca dilebur di atas api yang membara. Limbah kaca itu dibentuk menjadi manik. Motif dan warna juga dibuat dengan kaca yang lain yang memiliki warna tertentu.

“Sedangkan motif dalam setiap manik dibuat masing-masing pengrajin di atas api yang membara. Manik – manik ini produk rumahan yang kreativitasnya tinggi. Untuk itu, Kami memasukkan kampung manik-manik di Kabupaten Jombang inj jadi calon Desa Devisa karena telah memenuhi kriteria keseluruhannya yaitu produk milik sendiri punya keunikan punya pasar ekspor dan dilakukan oleh banyak orang di satu desa dan adanya kelompok. Kalau ini menjadi Desa Devisa maka akan dibantu desainernya, dibantu pembiayaannya dan dibantu akses pasarnya,” tutur Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Sementara itu, Ketua APMA (Asosiasi pengusaha manik-manik dan aksesoris) Gudo, Suloso menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur bersama Bupati Jombang yang telah mengunjungi pengrajin yang ada di Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo. Pengrajin manik manik sangat senang karena usaha manik manik warga desa Plumbon Gambang diusulkan jadi calon Desa Devisa. 

“Kami berharap apa yang diusulkan dan diusahakan oleh Ibu Gubernur Khofifah untuk pelaku usaha di Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang ini bisa segera terlaksana sehingga warga bisa lebih sejahtera,” pungkasnya. (Gus). 

Check Also

Gagal Nikah, Pria di Ponorogo Nekat Tenggak Pestisida

  SeputarKita, Ponorogo – Seorang pria muda ditemukan tewas dengan posisi terlentang di jalan area …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *