Air Sungai Meluap, Banjir Rendam Ratusan Rumah dan Puluhan Hektar Sawah Warga Dusun Ngudi, Desa Tugusumberjo, Peterongan


SeputarKita, Jombang – Banjir melanda Dusun Ngudi, Desa Tugusumberjo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Banjir yang terjadi sejak Kamis (20/1/2022) malam sempat merendam jalan desa dan ratusan rumah warga, serta memaksa sebagian warga mengungsi ke rumah saudara yang tidak terdampak banjir.

Seperti biasa, banjir di desa ini akibat meluapnya dua sungai yang mengapit desa ini. Yaitu Sungai Catakbanteng yang hulunya di Kandangan, Kediri dan Sungai Pancir Gunting yang hulunya di Wonosalam, Jombang.

“Kemarin malam dua sungai itu mengalami kenaikan debit air karena curah hujan sangat tinggi di hulu. Sehingga pukul 19.14 air sudah meluber ke permukiman penduduk,” kata Khoirul Anam, Kepala Dusun Ngudi ,Desa Tugusumberjo kepada awak Media Seputar Kita dilokasi, Jumat (21/1/2022)

Kepala Dusun Ngudi menjelaskan, banjir kali ini merendam kurang lebih 36 hektar persawahan dan sejumlah rumah penduduk yang meliputi 370 kepala keluarga dan 730 jiwa warga Dusun Ngudi, Desa Tugusumberjo.

Masih menurut Kepala Dusun Ngudi, banjir kali ini dengan ketinggian antara 40-60 cm dan langsung dipantau oleh Abdul Wahab selaku Kepala BPBD Kabupaten Jombang dilokasi banjir.

“Akibat dari banjir musiman ini warga Dusun Ngudi, Desa Tugusumberjo mengalami kerugian disektor dipertanian dan gagal panen.” Lanjut Khoirul Anam.

Khoirul Anam berharap semoga Kepala BPBD Kabupaten Jombang dan dinas terkait segera turun tangan untuk mengatasi banjir ini, dan memberikan bantuan kepada warga untuk sedikit meringankan beban warga Dusun Ngudi, Desa Tugusumberjo. (mz)

Check Also

Gagal Nikah, Pria di Ponorogo Nekat Tenggak Pestisida

  SeputarKita, Ponorogo – Seorang pria muda ditemukan tewas dengan posisi terlentang di jalan area …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *