Cegah Luapan Banjir Kiriman, Dinas PUPR Kabupaten Magetan Rehabilitasi Talud Desa Ngelang


SeputarKita, Magetan – Desa Ngelang, Kecamatan Kartoharjo adalah salah satu desa di Kabupaten Magetan yang menjadi langganan banjir ketika musim hujan akibat luapan air kiriman dari anak sungai Madiun setiap tahunnya.

Pemerintah Kabupaten Magetan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan mengantisipasi banjir akibat luapan air kiriman dimusim hujan,

Bidang Sumber Daya Air (SDA), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Melalui Sub Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Permukaan melaksanakan Rehabilitasi Talud Saluran Pembuang Banjir di Desa Ngelang.

Saat ditemui dikantornya, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Magetan, Yuli K. Iswahyudi ST.MT mengatakan, selain melakukan rehabilitasi talud saluran pembuang banjir sepanjang 60 meter, pihaknya juga menormalisasi saluran di 6 pintu Klep Pembuang Banjir, dengan menggunakan alat berat (excavator) milik Dinas PUPR Kabupaten Magetan. Jumat, (03/11/2021).

“Pemeliharaan Jaringan Irigasi dan normalisasi pintu air yang menuju ke sungai di Desa Ngelang adalah prioritas Pemkab Magetan. Supaya aliran air lancer dan tidak ada sampah yang menahan buka tutup pintu saat terjadi banjir.” Tuturnya.

“Tujuannya agar saat terjadi luapan debit air, segera mengalir ke sungai dan surut. Sehingga debit air yang terjebak didalam Desa Ngelang, Kecamatan Kartoharjo dapat segera dibuang dengan lancar melalui 6 pintu klep yang ada.” Lanjut Yuli.

Yuli berharap pada Pemerintah Desa Ngelang maupun masyarakat ikut serta menjaga dan merawat fasilitas sarana dan prasanana yang sudah dibangun Pemerintah Kabupaten Magetan.

“Dengan pelaksanaan pembangunan ini semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat dan mampu menanggulangi banjir. Pesan saya kepada masyarakat supaya ikut serta berperan aktif merawat, apabila saluran itu ditemukan sampah atau tanaman yang menghambat kelancaran air, tolong segera dibersihkan.” Pungkasnya. (G,Tris)

Check Also

SMPN 1 Sine Mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan RI Ke- 79

SMPN 1 Sine Mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan RI Ke- 79

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *