Ujian Terakhir Calon Kadus Desa Kebagusan, 2 Orang Peserta Mundur


SeputarKita, Pemalang – Suasana di SDN 03 Kebagusan terlihat sangat tenang, namun beberapa perangkat desa, anggota Linmas, Babinsa dan panitia Pelaksana, nampak berlalu lalang di sekolah tersebut. Hal ini rupanya dikarenakan Pemdes Kebagusan sedang melaksanakan ujian terakhir pengisian Kepala Dusun 1 yang saat ini sedang kosong. 


Dari data yang dihimpun,  jumlah peserta total ada 18 orang Peserta, namun 2 Orang peserta ada yang mengundurkan diri dan tidak hadir tanpa ada alasan yang jelas, sehingga hanya 16 orang Peserta yang mengikuti ujian akhir ini. 

Ketua Panitia Pelaksanaan Drs Nurhasyim menjelaskan, kegiatan ini berdasar pada peraturan Desa nomor 2 tahun 2021, Desa kebagusan, Kecamatan Ampelgading, kabupaten Pemalang melaksanakan ujian akhir bagi calon kepala dusun. 


“Tugas kami sebagai panitia hanya menyampaikan kepada Kepala Desa untuk mengajukan nama-nama yang akan direkomendasikan, Panitia juga hanya sebatas menyampaikan hasil ujian bukan menetapkan, karena hanya kepala Desa yang berhak menetapkan terpilihnya perangkat desa dengan pertimbangan hasil ujian. “Tuturnya.

“Dengan harapan bahwa dengan diadakannya pemilihan secara transparans dapat menghasilkan Perangkat Desa yang berkualitas dan berdedikasi tinggi. Untuk penyelenggaraan tes tertulis sendiri ada tes pengetahuan umum seperti tentang Undang-Undang Dasar 1945, pemerintah daerah, pemerintah desa, pengetahuan agama, dan semacam muatan lokal. ” Tambahnya. 


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa kebagusan Imam widodo mengatakan, Pelaksanaan tes perangkat desa dilaksanakan satu hari selesai, dan pada hari itu juga langsung diketahui hasil nilai ujian dan dipilih satu orang dengan nilai yang paling tinggi.


“Nilainya nanti langsung keluar dan tidak harus menunggu beberapa hari.” Ucapnya.

Setelah melalui ujian tersebut, kepala Desa dan Panitia menetapkan satu orang peserta dinyatakan lulus akan menduduki posisi sebagai Kepala Dusun 1. Sesuai dengan hasil ujian peserta yang lulus dengan nilai tertinggi adalah Khilyatul Aulia. 

Dalam hal ini juga kepala Desa Kebagusan Imam Widodo berharap yang terpilih dapat melaksanakan dan dapat bekerja sesuai dengan Tupoksi masing masing dan amanah dalam melaksanakan tugasnya. (FahmiNur). 

Check Also

Kerjakan Lebih Cepat dari Rencana, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Rekonstruksi Jalan Ruas Krapyak РSumbergandu 

  SeputarKita, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun melanjutkan upaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *