Pastikan Kualitas Data, Kadinsos Tanggamus Hadiri Musdesus DTKS Pekon Lengkukai


SeputarKita, Tanggamus – Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial bagi warga miskin dan orang tidak mampu serta untuk mendukung program-program penanggulangan kemiskinan.


Salah satunya adalah melakukan Rapat Khusus Musyawarah Desa guna untuk pemutakhiran DTKS dibeberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus. Khususnya di Kecamatan Kelumbayan Barat, dan pada hari ini Rabu, (24/11/2021) dilaksanakan di Pekon Lengkukai.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus, Sekcam Kelumbayan Barat, Kepala Pekon Lengkukai, Ketua BHP beserta jajarannya, Aparat Pekon, Pendamping Sosial Kecamatan Kelumbayan Barat, Tokoh Masyarakat, tokoh Agama dan beberapa warga lainnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus, Zul Fadli,SE mengatakan, Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya pemutakhiran DTKS guna meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial bagi warga miskin dan orang tidak mampu serta untuk mendukung implementasi program-program penanggulangan kemiskinan, sehingga kualitas data yang dihasilkan benar-benar tepat dan kedepannya tidak Ada warga yang benar-benar miskin tidak tersentuh bansos dari negara.

“Ini salah satu upaya kami sebagai dinas terkait untuk meningkatkan Pelayanan kesejahteraan sosial masyarakat Tanggamus (khususnya di Pekon Lengkukai.” Ujarnya saat memberikan sambutan di Balai Pekon Lengkukai Rabu, (24/11/2021) hari ini.

Zul Fadli menyampaikan bahwa data yang diusulkan merupakan hasil dari Musyawarah Desa Khusus DTKS (Musdesus DTKS) tentang penentuan dan penetapan warga yang dinilai layak diusulkan ke DTKS.

“Berdasarkan Musdesus DTKS, ditemukan beberapa warga yang sudah pindah, sudah meninggal dan mampu yang masih terdata di dalam DTKS, untuk selanjutnya data tersebut akan di update ke dalam aplikasi pendataan SIKS-NG sesuai kondisi saat ini.” Terang Zul Fadli.

Ditempat yang sama,Kepala Pekon Lengkukai TB. M. Nur dalam sambutannya menyatakan, Pihak pekon akan terus melakukan Verifikasi dan Validasi semaksimal mungkin data tersebut, sehingga tidak ada data yang tumpang tindih nantinya.

“Apalagi sekarang ini masih ada data yang harusnya sudah di ganti karena orangnya meninggal, secara otomatis kita tetap lakukan Verifikasi ulang, “tuturnya.

Sememntara itu, koordinator Pendamping PKH Kecamatan Kelumbayan Barat, Joko Prihatin, S.Pd menyampaikan ucapan trimakasih kepada BHP Pekon Lengkukai yang sudah mengundang para penggerak sosial guna percepatan DTKS, khususnya di Pekon Lengkukai, sehingga diperoleh data yang benar-benar sesuai dengan 14 kriteria kemiskinan. (Joko).

Check Also

Gagal Nikah, Pria di Ponorogo Nekat Tenggak Pestisida

  SeputarKita, Ponorogo – Seorang pria muda ditemukan tewas dengan posisi terlentang di jalan area …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *