Kepala Pekon Unggak Berterimakasih Atas Program Pelakol Disdukcapil Tanggamus

Kepala Pekon Unggak, Kamilluddin 


SeputarKita, Tanggamus – Berbagai inovasi dan terobosan terus dilaksanakan agar pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) semakin baik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus. Langkah ini dilakukan dengan harapan masyarakat semakin sadar akan pentingnya data dan dokumen kependudukan bagi kehidupan.

Salah satu terobosan yang dilakukan adalah Pelakol (Pelayanan Kolektif), yakni pelayanan yang dikoordinir oleh kepala pekon yang daerahnya sulit terjangkau dan belum ada internet.

Kepala Pekon Unggak, Kamilluddin berterimakasih kepada Bupati Tanggamus melalui Kepala Disduk Capil Tanggamus Maradona S,STP., M.Si, atas program pelayanan kolektif Disduk Capil Tanggamus, yang sangat membantu masyarakat Pekon Unggak dalam mendapatkan Adminduk. Rabu, (17/11/2021).

“Tanpa program ini tentu akan membuat repot masyarakat dalam mendapatkan Adminduk, mengingatkan jarak yg sangat jauh dari pekon unggak ke Disduk Capil sekitar 70 km dan memakan waktu sekitar 3 jam.” Ujar Kepala Pekon Unggak.

“Harapan masyarakat, perekaman e-KTP yang selama ini diadakan di Kantor Disduk Capil Tanggamus dapat dilaksanakan di kantor Kecamatan Kelumbayan. Dan diadakan penjadwalan untuk perekaman e-KTP seperti yang sudah dilakukan sebelum masa pandemi Covid-19 dua tahun lalu.” Terangnya.

Mashuri, Kaur Perencanaan Pekon Unggak selaku petugas Pelayanan Kolektif

Sementara itu Mashuri, Kaur Perencanaan yang ditunjuk Kepala Pekon Unggak sebagai petugas Pelayanan Kolektif menjelaskan Teknis Pelakol di Pekon Unggak.

“Warga Pekon Unggak datang ke kantor Pekon Unggak, dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Setelah persyaratan terpenuhi, lalu petugas Pelakol membawa berkas tersebut ke Disduk Capil Tanggamus, setelah berkas diserahkan, menunggu proses minimal dalam waktu 7 hari kerja maka berkas selesai. Petugas Pelakol pekon mengambil kembali berkas yg sudah jadi dan menyerahkan kepada masyarakat.” Terangnya.

Ditempat terpisah, Hajra Wati (35) salah satu warga Pekon Unggak mengaku sangat terbantu dengan dilaksanakannya program pelayanan Pelakol ini.

“Kami warga Pekon Unggak merasa sangat terbantu sekali, biasanya perjalanan dari sini ke Tanggamus memakan waktu 3 jam. Dengan adanya program ini masyarakat tidak perlu repot-repot lagi. “Pungkasnya. (Fidi).

Check Also

Kerjakan Lebih Cepat dari Rencana, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Rekonstruksi Jalan Ruas Krapyak – Sumbergandu 

  SeputarKita, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun melanjutkan upaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *