Dompet Dhuafa Jawa Timur Adakan Pelatihan Kebencanaan Bagi Relawan Muda


SeputarKita, Magetan – Memasuki bulan kemanusiaan dan meningkatnya bencana di Indonesia, Dompet Dhuafa Jawa Timur (DD Jatim) mengadakan pelatihan kebencanaan untuk para relawan di Telaga Wahyu, Magetan.

Sebanyak 60 orang yang berasal dari Surabaya, Malang, Blitar, Sidoarjo, Madiun dan Magetan mendapatkan pelatihan selama tiga hari hingga kemarin Sabtu (20/11/2021). 


Materi pelatihan meliputi, manajemen posko, manajemen respon bencana, asesment kebencanaan, water rescue, pertolongan pertama untuk kecelakaan dan latihan evakuasi.

Salah satu yang menjadi peserta pelatihan kebencanaan Dompet Dhuafa adalah Vella (21 th) asal Blitar mengatakan, “Saya pertama kali mengikuti pelatihan kebencanaan ini, tujuan saya ikut pelatihan karena ingin menggali ilmu tentang kebencanaan lebih dalam. Apabila ada kegiatan respon bencana yang melibatkan relawan, insyaAllah siap “.

Dalam pelatihan ini langsung dibimbing oleh para instruktur Disaster Managemen Center (DMC) Dompet Dhuafa.

“Di tahun 2021 ini, kami banyak memberikan pelatihan kebencanaan. Setelah dari Jawa Timur insyaallah akan dilaksanakan pelatihan yang serupa di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan. Sampai bulan ini, perkiraan sudah sekitar 500 orang relawan yang kami latih “, Kata Lukman Manager PRB DMC Dompet Dhuafa”.

Sementara itu Pimpinan DD Jatim, Kholid Abdillah menegaskan bahwa, pelatihan kebencanaan itu sangat penting. Karena, modal semangat saja dalam respon bencana tidak cukup. Bahkan, bisa jadi, niatnya membantu, justru menjadi korban. (Red).

Check Also

Gagal Nikah, Pria di Ponorogo Nekat Tenggak Pestisida

  SeputarKita, Ponorogo – Seorang pria muda ditemukan tewas dengan posisi terlentang di jalan area …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *