Tertimpa Guguran Batu, Wahana dan Fasilitas Wisata Bukit Mendelem Rusak


SeputarKita, Pemalang – Bukit Mendelem atau Gunung Jimat adalah kawasan wisata alam untuk para pecinta alam yang memiliki hobi mendaki. Terletak di Kecamatan Belik di sebelah tenggara dengan jarak 42 km dari Kota Pemalang, Bukit Mendelem memiliki keindahan alam dari puncak yang memberikan rasa kepuasan tersendiri meski fisik terasa letih.

Namun, pasca insiden terjadinya guguran batu di Gunung Jimat mengakibatkan wahana dan fasilitas wisata itu mengalami kerusakan. Minggu, (26/09/2021) malam.

Bahkan Tulisan Besar “PEMALANG” yang nampak jelas itu sebagian ambruk yaitu pada huruf M dan A sehinga hanya tertulis PE–LANG saja.

Hingga hari ini Senin 27 September 2021 peristiwa tersebut belum diketahui penyebab terjadinya batu yang berguguran.

Sairin, Kepala Desa Mendelem saat dihubungi melalui telephone, membenarkan tulisan Pemalang di gunung jimat ada yang terlepas tertimpa material batu.

“Dapat kabar itu saya langsung memerintahkan perangkat untuk mengecek Lokasi, namun karena tebalnya kabut belum bisa terlihat jelas huruf apa saja yang terlepas dan beruntung setelah di cek alhmdulilah tidak ada korban jiwa,” katanya.

Namun, material longsoran agak menutupi akses jalan dan tidak menimpa bangunan yang ada di bawahnya.

Sairin juga menghimbau agar masyarakat di sekitar untuk waspada dan hati hati, dan secara otomatis tempat wisata Gunung Jimat Mendelem atau yang lebih di kenal Taman Rancah di tutup untuk umum.

“Untuk antisipasi adanya longsoran,sambil menunggu penelitian lebih lanjut dari ahli geologi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, proyek penataan bukit mendelem tersebut baru dilakukan Tahun 2018 oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dengan anggaran Rp. 1.694.998.000 bersumber dari APBD Kabupaten Pemalang. (FahmiNur).

Check Also

Truk Si Cepat Terbakar di KM 592 Tol Ngawi – Kertosono

  SeputarKita, Magetan – Sebuah truk box (Ekspedisi) pengangkut paket milik Si Cepat terbakar di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *