Tasyakuran Kadang Tani, Kelompok Tani Desa Susukan, Kecamatan Comal, kabupaten Pemalang


SeputarKita, Pemalang – Menyambut panen padi, warga Desa Susukan, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang menggelar acara tasyakuran Kadang Tani,Acara tersebut sebagai wujud syukur warga kepada Tuhan YME atas limpahan hasil panen padi tahun ini.

Acara yang digelar bertempat di gubuk Tani desa Susukan tersebut di hadiri oleh BPD, kelompok tani, Perangkat Desa dan masyarakat, dengan tidak lupa tetap mematuhi protokol kesehatan. Jumat, 27 Agustus 2021.

Dalam sambutanya ketua kelompok Tani desa Susukan Sunoto menyampaikan, Acara Kadang Tani ini sebagai simbol rasa syukur masyarakat Desa Susukan atas panen yang melimpah untuk tahun ini.


Selain sebagai bentuk rasa syukur akan hasil panen, acara ini merupakan simbolisasi dalam mewujudkan visi misi mataram. Dimana yang pertama adalah, sangkan paraning dumadi, manunggaling kawulo gusti dan memayu hayuning bawana.

“Upacara Kadang Tani ini juga untuk menumbuhkan spirit, seperti merti wiji, yaitu menggunakan benih lokal seperti mentik wangi. Lalu merti bumi dengan menjaga kelestarian alam, merti kali (sungai) dalam rangka melestarikan sumber mata air dan merti laku lampah lakon wahyu untuk membangun karakter dan menanamkan budi pekerti bagi petani,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, kepala Desa Susukan Irfanudin menyampaikan, dengan di selenggarakannya acara ini diharapkan hasil panen selanjutnya melimpah dan juga dapat mempererat tali silaturahmi di antara masyarakat desa Susukan.


“Selain itu, juga untuk melestarikan dan mengenalkan kearifan lokal, khususnya bagi generasi milenial. Kedepannya acara ini akan terus di selenggarakan untuk melestarikan kearifan lokal yang ada di Desa Susukan ini.” Pungkasnya. (Fahminur)

Check Also

MPP Tambah Dua Layanan Baru dari Polres Magetan

  SeputarKita, Magetan – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Magetan kini semakin lengkap dengan hadirnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *