Paguyuban Pedagang Kaki Lima Geruduk Pemkab Ngawi Tuntut Portal PPKM Segera Dibuka


SeputarKita, Ngawi – Puluhan pedagang kaki lima (PK5) jalan serong, barat Alun-Alun Ngawi yang tergabung dalam Paguyuban Citra Ramah menggeruduk Kantor Pemerintah Kabupaten Ngawi.

Aksi para pedagang kaki lima tersebut terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat kegiatan usaha yang mereka geluti berhenti total. Bahkan, sejumlah pedagang mengaku harus berutang untuk mencukupi kebutuhan hidup yang kian melonjak selama pandemi covid-19.

Dengan kompak, masing-masing pedagang kaki lima membawa poster berisi tuntutan mereka. Pada intinya, mereka menuntut kepada Pemkab Ngawi agar membuka portal penyekatan jalan di seputaran alun-alun dan menyalakan lampu penerangan dalam kota secara bertahap.

Dalam aksi menyuarakan tuntutan tersebut, seorang pedagang kaki lima lima sempat diamankan anggota kepolisian karena dinilai melakukan provokasi. “Tuntutan kita agar membuka portal penyekatan jalan dan menyalakan lampu jalan bisa diterima,” ungkap Sulis, salah satu pedagang kaki lima.

Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko dan Ketua DPRD Kabupaten Ngawi Heru Kusnindar turun langsung mendatangi para pedagang kaki lima. Keduanya mengajak perwakilan pedagang untuk mediasi.

Usai memimpin mediasi, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko menyampaikan Pemerintah Kabupaten Ngawi akan menyiapkan bantuan bagi sekitar 900 pedagang kaki lima berupa beras 10 kilogram dan uang senilai 200 ribu rupiah.

“Kami lakukan validasi pedagang kaki lima penerima bantuan agar tidak ganda. Insya Allah besok sudah mulai bisa direalisasikan,” jelas Dwi Rianto Jatmiko.

Sedangkan terkait tuntutan untuk membuka portal penyekatan jalan di seputaran alun-alun dan menyalakan lampu penerangan dalam kota, Pemerintah Kabupaten Ngawi akan melaksanakan secara bertahap.

Usia mendapatkan kepastian terkait mata pencahariannya, para pedagang kaki lima jalan serong barat Alun-Alun Ngawi tersebut langsung membubarkan diri.

Sementara, aksi puluhan pedagang kaki lima tersebut berlangsung tertib dengan mendapatkan pengawalan puluhan personel Polres Ngawi yang dipimpin langsung Kapolres AKBP I Wayan Winaya. (Gus)

Check Also

Jelang Pembangunan Masjid Al Ajmi, Kapolres Malang Gelar Doa Bersama

  SeputarKita, Malang – Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, menggelar acara doa bersama di kantor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *