Dimasa Pandemi Covid -19, SMAN 1 Kelumbayan Gelar Lomba Secara Daring


SeputarKita, Tanggamus – SMA Negeri 1 Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung melakukan lompatan di masa pandemic COVID-19 dengan melaksanakan Lomba Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI ) ke 76 secara Daring ( Dalam Jaringan ).

Persiapan dan perlaksanaan perlombaan ini dilakukan hanya dalam waktu satu minggu. Ide mengadakan perlombaan yang muncul di tanggal 09 Agustus kemudian diinfokan ke siswa-siswi SMA pada tanggal 10 Agustus. Pengumpulan Karya lomba sejak tanggal diumumkan sampai tanggal 15 Agustus. Dan acara puncak yaitu Pengumuman dan Pembagian Hadiah bagi para pemenang lomba di laksanakan pada tanggal 16 Agustus 2021.

Perlombaan daring terbagi 5 jenis perlombaan, yaitu Lomba Membuat Quote, Lomba mencipta sekaligus Membaca Puisi dengan tema kemerdekaan, Lomba Foto Selfi bertema Kemerdekaan RI, Lomba Foto Ekspresi Kemerdekaan RI dan yang terakhir Lomba Solo Song dengan lagu pilihan 17 Agustus 1945 ( Hari Merdeka ) cipt. H. Mutahar dan Lagu Daerah Sang Bumi Ruwa Jurai ciptaan Syaiful Anwar.


“Alhamdulillah, sekolah kita dapat ikut melaksanakan Hari Ulang Tahun Negara Republik Indonesia yang ke-76 walaupun secara daring. Ini merupakan lompatan kecil namun sangat berarti bagi SMA N 1 Kelumbayan yang berada di salah satu kecamatan terluar Kabupaten Tanggamus. Harapan kami kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkesinambungan” ucap Ahdor, S.PdI selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan.

Masih menurut informasi dari Ahdor, bahwa ide kegiatan Perlombaan ini muncul dari Hendra Mawan, seorang guru Lampung Mengajar (LM) yang tahun ini baru masuk menjadi bagian dari keluarga besar SMA yang berlokasi di perkampungan nelayan Pantai Harapan Kecamatan Kelumbayan yang berkonsultasi kepada Pak Alex Sander, S,S selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum.

Dalam sambutannya Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Alex Sander, S.S mengatakan bahwa kegiatan ini perlu di dukung penuh oleh sekolah dimana kegiatan perlombaan ini dapat memecah kejenuhan siswa yang selama masa pandemic kegiatan belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka.

Sementara itu, Hendra Mawan selaku Pembina Pramuka sekaligus penggagas lomba HUT RI ke -76 secara daring ini menuturjan, “Inilah salah satu cara kita untuk memecahkan kejenuhan siswa dan secara bersamaan pula dapat memicu kreatifitas, serta membangkitkan mental siswa-siswi SMA N 1 Kelumbayan untuk dapat mengekspresikan ide, bakat dan imajinasi serta rasa nasional mereka.” Ucapnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa ini sebagai ekspresi kebahagiaan atas hadirnya tower telkomsel yang baru saja berdiri di Kecamatan Kelumbayan.

Kegiatan perlombaan daring ini pun disambut baik oleh para alumni yang sudah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia. Mereka mengungkapkan kebahagiaan dan kebanggaan atas kemajuan yang sekolah mereka. “Semoga kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan di tahun-tahun mendatang” ucap salah satu alumni SMA N 1 Kelumbayan. (Fidi).

Check Also

Gabungan Asosiasi Jurnalis Ngawi Gelar Aksi Damai Tolak Revisi RUU Penyiaran

  SeputarKita, Ngawi – Puluhan jurnalis Ngawi dari berbagai asosiasi bersatu lakukan aksi damai tolak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *