Panen Raya Madu Ndoro Di Bukit Thuksono Magetan


SeputarKita, Magetan– Kekayaan alam yang luar biasa Kabupaten Magetan dengan berbagai tumbuh-tumbuhan yang belum tergali dengan maksimal mengetuk hati Ahmad Baiquni owner Usaha Pangan Sejahtera Membuat trobosan untuk memanfaatkan Bukit Thuksono yang kaya akan bunga – bunga, dengan menggandeng komunitas D’Bonesal (Bocah Dheso Seneng Alam) yang mengelola Bukit Thuksono ini untuk membuat ternak Madu.

Dan hari ini sebagai Panen Perdana Madu Murni di Peternakan Lebah Madu Gimbal, Bukit Tuksono, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Sabtu (9/1/2021). 


Sekretaris Daerah Kabupaten Magetan Ir. Hergunadi MT yang juga hadir dalam panen tersebut mengatakan bahwa hasil madu kali ini masih murni dari komunitas yang melaksanakan ternak lebah madu disini.

“Pemerintah berharap nantinya bisa dikembangkan untuk lokasi edukasi, sehingga nanti dari anak – anak sekolah itu sudah mulai diajarkam untuk bertenak lebah madu yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan,” Ucap Sekda.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Joko Trihono mengatakan, dengan adanya panen perdana ini merupakan sebuah karya yang cukup menarik untuk didatangi, sehingga kedepan diharapkan bisa berkembang menjadi wisata edukasi yang ada di Kecamatan Poncol, jadi ini adalah sebuah embrio dari kelompok masyarakay yang perlu diapresiasi.

Sementara itu, Ahmad Baiquni selaku Owner Madu Ndoro ini mengatakan, panen madu lebah ini sebetulnya uji coba bisa tidaknya di wilayah Magetan tepatnya di Lereng Gunung Lawu ini dijadikan tempat ternak Lebah Madu.

“Uji coba kali ini sangat memuaskan, 507 Glodok yang kita bawa disini dalam waktu 15 hari lebih bisa menghasilkan kurang lebih 6 Kuintal,dan panen raya madu ini insyallah yang pertama di Magetan. “ Terangnya.

Senada dengan Baiquni, Saiful yang akrab dipanggil Gimbal Ketua D’Bonesal mengatakan, “Ini Kegiatan kerjasama D’Bonesal dengan Usaha Pangan Sejahtera untuk pemanfaatan bukit Thuksono yang ada di desa Gonggang dengan pembudidayaan madu, Harapan kedepanya tempat ini bisa dijadikan tempat edukasi pengenalan alam.” Ucapnya.

“Sebelumnya kami sudah ada kegiatan penyemaian bibit. semoga kerjasama ini terus berjalan dan bisa bermanfaat pada lingkungan dan masyarakat Magetan umumnya.” Pungkasnya. (Tris)

Check Also

Periksa HP Anggota, Langkah Kodim 0802/Ponorogo Cegah Judi Online

  SeputarKita, Ponorogo – Usai pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera dan Korps Pindah Satuan Perwira Kodim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *