Inovasi Susu Kambing jadi Sabun Kecantikan.

Produk Sabun kecantikan berbahan susu kambing


SeputarKita, Magetan – Pemanfaatan susu Kambing menjadi terobosan baru bidang kewirausahaan, salah satunya menjadi Sabun Kecantikan, yang saat ini sedang menjadi trend baru terutama bagi para kaum hawa. Karena manfaatnya yang luar bisa di bidang perawatan kecantikan, seperti mengencangkan kulit, mengatasi jerawat, menghaluskan kulit dan lainya.

Karena susu kambing menurut penelitian mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh kulit seperti vitamin B, Thiamin, Niacin, Vitamin C, selenium dan juga seng. Dari beberapa mineral yang terkandung tersebut maka kita bisa mendapatkan manfaat susu kambing untuk kecantikan. Molekulnya yang lebih kecil dibandingkan susu sapi membuat kandungan pada susu kambing lebih mudah terserap oleh kulit.

Peluang usaha ini sedang di kembangkan oleh Essy Purwaningtyas, pengusaha muda yang berasal dari Karas Magetan, yang juga sekaligus anggota IKM (Industri Kecil Menengah) Kabupaten Magetan.

Essy beserta suami dan awak media saat di kediamannya

“Ide kita dalam membuat sabun kecantikan susu kambing ini, karena suami saya peternak kambing perah, dan sudah kita olah menjadi minuman dengan beraneka ragam rasa, lalu muncul keinginan untuk mengolah menjadi sesuatu yang target marketnya lebih luas. Kalau susu kambing terutama ya ibu-ibu itu sebagian mindset nya terhadap susu kambing sudah negatif karena baunya.” Ungkap Essy ketika ditemui di kediamannya, Rabu (6/1/2021).

“Dan kita tahu bahwa susu kambing itu sangat bagus untuk perawatan kulit/ facial skin care, apa salahnya kalau kita coba buat sabun kecantikan.” Lanjutnya.

“Bahan – bahan yang kita gunakan selain murni susu kambing, juga bahan campuran lainya 100 persen alami, seperti varian kunyit yang bahannya dari serbuk kunyit asli, varian beras merah juga dari serbuk beras merah.”Terangnya.

“Alhamdulillah, untuk pemasaran saat ini selain Magetan sendiri, kita sudah menjangkau wilayah kabupaten dan kota sekitarnya, selain ada juga luar propinsi Jawa timur. Harapan kami Karena harganya sangat terjangkau bagi semua ibu – ibu bisa mengunakan produk produk saya sebagai sarana perawatan kecantikannya.” Harap Essy.

Sementara, Ushuluddin Ghoni sang suami juga memberikan dukungan penuh atas usaha Essy karena merupakan usaha turunan dari usahanya.

“Saya sangat mendukung usaha istri saya ini, karena sangat nyambung dengan usaha kambing perah saya,kami berusaha untuk kerjasama sebaik mungkin. Karena golnya nanti bisa menjual susu kambing segar dan produk lain seperti sabun kecantikan ini.” Ucap pria yang kerap disapa Udin ini.

“Semoga usaha ini(sabun kecantikan) bisa berkembang dengan baik, pemasaran nya bisa meluas sampai keseluruh Negeri ini.” Pungkasnya. (Tris)

Check Also

Pemdes Pakah Rabat Jalan Beton K 175 Untuk Tingkatkan Perekonomian Desa

  SeputarKita, Ngawi – Pemerintah Desa (Pemdes) Pakah, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, membangun jalan rabat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *