Antisipasi Jalan Longsor, DPUPR Magetan Rehabilitasi Talud Irigasi Desa Genengan Dengan Jalur PIK


SeputarKita, Magetan – Guna mengantisipasi terjadinya Longsor akibat Hujan dengan intensitas tinggi hingga lebat di Kabupaten Magetan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan bidang Sumber Daya Air (SDA) melakukan Rehabilitasi Talud Saluran Irigasi yang ada di Desa Genengan, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan.

Proyek dengan anggaran Rp. 137.980.000,- yang dikerjakan CV. Perdana abadi tersebut merupakan usulan dari Pemerintah desa Genengan Melalui Jalur Pagu Indikatif Kecamatan (PIK).

Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Magetan Yuli K Iswahyudi melalui Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Jaringan Irigasi Dadang Tantowi mengatakan, rehabilitasi jaringan irigasi ini merupakan salah satu upaya Pemkab Magetan untuk menekan terjadinya bencana longsor di Magetan. Selasa (01/12/2020)


”Pekerjaan rehabilitasi talud saluran irigasi Desa Genengan, Kecamatan Kawedanan itu merupakan usulan dari pihak Desa melalui jalur PIK. Usulan dari desa yang direkap Kecamatan dan dilaksanakan oleh dinas PU SDA” Ucap Dadang.

“Saluran irigasi Genengan itu selain berfungsi sebagai saluran irigasi sendiri juga sebagai saluran pembuang, jadi ada fungsi ganda, awalnya memang ada kerusakan yang bisa mengakibatkan ruas jalan desa itu longsor, sehingga kemarin diusulkan melalui jalur PIK.” Lanjutnya

“Harapannya, ke depan dari Desa sendiri juga ikut merawat dan ikut menjaga, misalkan ada tanaman-tanaman yang mengganggu, karena kalau ada tanaman keras yang tumbuh di situ bisa merusak. Kalau ada tanaman yang tumbuh itu harus sudah dibersihkan karena itu bisa merusak pasangannya dan akhirnya menyebabkan retak dan akhirnya menyebabkan ambrol atau menyebabkan longsor.” Pungkas Dadang.


Meskipun dimasa Pandemi Covid-19 saat ini, tak menjadi hambatan Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan untuk terus melakukan kegiatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Magetan. (Nur)

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *