Tingkatkat SDM dan Profesionalisme Bidang Wisata, Disparpora Ngawi Latih 40 Orang Pemandu Outbond

Pelatihan Pemandu Outbond, Senin (16/11/2020).


SeputarKita, Ngawi – Kabupaten Ngawi memiliki potensi pariwisata yang lengkap meliputi wisata alam, wisata budaya, wisata minat khusus dan lain-lain, seperti pengelola wisata yang menyediakan outbound untuk wisatawan.

Seiring dengan berkembangnya pariwisata di Kabupaten Ngawi tersebut, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Ngawi menyelenggarakan pelatihan pemandu Outbound dalam upaya peningkatan kapasitas SDM dan Profesionalisme bidang wisata. 

Pelatihan Pemandu Outbound dilaksanakan selama dua hari, mulai Senin (16/11/2020) sampai Selasa (I7/11/2020) di Kayangan Caffe & Space, Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi.

Pelatihan Pemandu Outbond, Senin (16/11/2020).


Tak kurang 40 orang peserta dari 14 desa yang mempunyai destinasi wisata mengikuti pelatihan dengan materi peningkatan para pengelola wisata agar mampu menjadi pemandu outbond atau Experiential Learning.

Pelatihan yang dikemas dengan perpaduan teori tentang Outbound training serta praktek memandu wisata ini dibuka oleh Kepala Bidang Pariwisata Disparpora Kabupaten Ngawi Totok Sugiarto, SE, MM. 

Dalam sambutannya Kabid Pariwisata berharap dengan adanya pelatihan ini akan mampu mengasah kemampuan para pengelola wisata di masing – masing desa dalam hal memandu Outbound bagi pengunjung wisata.

“Pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang menunjang pembangunan perekomonian daerah, sehingga persoalan pengembangan pariwisata merupakan tanggung jawab semua pihak.”Tutur Kabid Pariwisata.

“Pembekalan SDM Kepariwisataan merupakan salah satu hal penting yang dapat mendukung perkembangan pariwisata serta membuka wawasan untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja baru khususnya di sektor pariwisata.” Ungkapnya.

Pelatihan Pemandu Outbond, Senin (16/11/2020).


Acara ini digelar bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi  wisata yang ada di Kabupaten Ngawi, dan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola dan pemandu wisata serta melakukan pelatihan kepada pengelola destinasi wisata.

“Ini merupakan upaya Pemkab Ngawi dalam rangka peningkatan kapasitas SDM dan Profesionalisme bidang wisata,” pungkasnya.

Selama pelatihan, peserta tidak hanya memperoleh materi tentang wisata Outbound dari para trainer, namun juga diajak langsung melakukan praktek khususnya meningkatkan kepercayaan diri.

Karena masih dalam suasana pandemi, pelatihan pemandu outbond ini tetap mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19. (Aryo/Adv)

Check Also

Evaluasi Gema Parut Oleh Pemda Ngawi di Desa Wonokerto

  SeputarKita, Ngawi – Gema Parut (Gerakan Menanam dengan Memanfaatkan Pekarangan) yang digagas oleh Bupati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *