Peringatan HKN Tahun 2020, Pemkab Ponorogo Berhasil Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Berbagai Sektor


Seputarkita, Ponorogo – Sektor pelayanan kesehatan yang dicapai oleh Pemkab Ponorogo mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Hal ini diungkapkan Kadinkes Ponorogo Rahayu Kusdarini, usai melaksanakan apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 56 bersama Plt Bupati Soedjarno di halaman Gedung Terpadu, Kamis (12/11/2020).

Peningkatan tersebut diantaranya, pemberian ambulans gratis kepada 150 Desa Siaga yang dinilai sangat membutuhkan sejumlah 150 ambulans, dan akreditasi seluruh Puskesmas di Ponorogo, serta berdirinya Public Safety Centre (PSC).

“Capaian yang luar biasa selama lima tahun terakhir. Pemkab Ponorogo telah memberikan bantuan ambulans dan hampir seluruh desa yang jauh dari layanan pelayanan pertama saat ini sudah ada ambulans desa siaga,” ungkap Rahayu Kusdarini usai melakukan apel Peringatan HKN ke – 56 bersama Plt Bupati Soedjarno.

Lebih lanjut, Rahayu Kusdarini menjelaskan, agar mendapatkan pengetahuan dan pelatihan dalam Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kesehatan Ponorogo juga memberikan pelatihan secara berkala kepada sejumlah sopir ambulans desa siaga tersebut.

“Adanya ambulans Desa Siaga yang dianggarkan sejak tahun 2017, 2018, dan terakhir 2019 ini sudah banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dan menjadikan pelayanan kesehatan ditingkat bawah semakin terlayani dengan baik,” imbuh Irin, sapaan akrabnya.

Keberhasilan lainnya yang telah dicapai Pemkab Ponorogo yaitu adanya 3 bank darah yang tersebar di sejumlah Rumah Sakit. Kemudian, 31 puskesmas di Ponorogo saat ini juga melalui proses akreditasi dan telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). 

Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo saat ini juga telah mendirikan Public Safety Center (PSC) untuk melayani masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Salah satu layanan PSC adalah ambulans gratis.

“Dengan keberhasilan yang sudah dicapai dan adanya peningkatan signifikan dibidang kesehatan, ini mendorong Pemkab Ponorogo melalui Dinas Kesehatan nantinya untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan secara maksimal,” tukasnya. (Dik/Red)

Check Also

Kapolres Sampang Pimpin Langsung Apel Gelar Patuh Semeru Tahun 

Kapolres Sampang Pimpin Langsung Apel Gelar Patuh Semeru Tahun 

  SeputarKita, Sampang – Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH, Memimpin apel gelar pasukan Operasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *