Disparbud Magetan Gelar Karawitan Dalam Rangka Pengembangan Seni Budaya


Seputarkita, Magetan– Pemerintah Kabupaten Magetan menunjukkan komitmennya dalam melestarikan kesenian rakyat daerah, salah satu agenda Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan adalah gelar karawitan dalam rangka pengembangan seni budaya daerah.

Seni karawitan merupakan salah satu budaya lokal yang kini mulai tersisih dan ditinggalkan penggemarnya. Hal ini menjadi keprihatian semua pihak.

Dengan melihat fenomena ini, Dinas Pariwisata Dan Budaya Kabupaten Magetan berupaya melestarikan kesenian daerah ini dengan mengadakan pembinaan dan pendampingan terhadap grup Karawitan yang ada di Magetan.

Di Kabupaten Magetan sampai saat ini dda sekitar 30 grup Karawitan yang menjadi binaan Dinas Pariwisata Dan Budaya Kabupaten Magetan.

Guna pengembangan kesenian Karawitan, dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan  Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Magetan mengadakan pagelaran virtual di Gedung Kesenian Tripandita Kabupaten Magetan dengan menghadirkan karawitan dari Sanggar Suryo Retno, Desa Banjarejo, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan. Selasa (10/11/2020).

Joko Trihono, Kepala Dinas Pariwisata Dan Budaya Kabupaten Magetan pagelaran virtual karawitan dalam rangka pengembangan seni budaya daerah merupakan agenda rutin Dinas Pariwisata Dan Budaya Kabupaten Magetan selama masa pandemic Covid – 19.

“Dimasa Pandemi Covid – 19 ini para seniman karawitan harus terus berkarya dan terus berinovasi untuk memajukan seni dan budaya yang ada di magetan” Ucapnya.

“Melalui siaran langsung di YouTube channel Disparbud Magetan, semua masyarakat baik regional, nasional dan internasional bisa secara langsung menyaksikan dan menikmati pagelaran ini.” Lanjut Kadis Parbud.

“Kami berharap Ini bisa menjadi tampilan yang benar – benar menarik dan bisa diminati bukan hanya orang Indonesia, dan ketika mereka tertarik Kesenian Karawitan bisa go Internasional dan mungkin dihadirkan keluar Negeri. (Tris)

Check Also

Kerjakan Lebih Cepat dari Rencana, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Rekonstruksi Jalan Ruas Krapyak – Sumbergandu 

  SeputarKita, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun melanjutkan upaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *