KNPI Magetan Gelar Doa Bersama Mengenang Eyang Yosonegoro

Magetan, Seputarkita – Penggurus DPD KNPI Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menggelar Do’a Bersama dan Ziarah Makam Eyang Yosonegoro dalam memperingati hari jadi Kabupaten Magetan ke-345.

Selama acara berlangsung, diselenggarakan sesuai protokol kesehatan oleh pemerintah, yakni cek suhu badan mengunakan thermo gun, menjaga jarak, dan memakai masker. Dihadiri perwakilan pengurus KNPI, OKP di Kabupaten Magetan,  Komunitas Sejarah di Magetan dan Tokoh Masyarakat Sekitar yang diselenggarakan di Area Pelataran Setono Gedong, Kelurahan Tambran Magetan.

Thoha Rizal Aziz, Ketua KNPI Magetan menjelaskan, tahun ini, pihaknya memperingati Hari Jadi Kabupaten Magetan Ke-345 dengan melakukan doa bersama dan ziarah Makam Eyang Yosonegoro ditengah pandemi covid 19. Dalam merefleksikan kembali peran pemuda Magetan sebagai generasi milineal, Magetan memiliki banyak sejarah, dengan mengenang dan menggalinya mewujudkan kecintaan terhadap tokoh-tokoh lokal menjadikan teladan untuk mengembangkan Kabupaten Magetan kita tercinta.

”Terlebih lagi perkembangan teknologi pada saat ini semakin cepat, dan budaya asing dari negara lain semisal K-POP budaya dari Negara Korea, semakin digemari sebagian masyarakat kita. Sebetulnya boleh dan sah-sah saja bila masyarakat menyukai suatu hal kegemaran, namun akan menjadi ironis bila masyarakat tidak di imbangi dengan kebudayan dan sejarah lokal yang ada” ujar Thoha.

Untuk itu, ia berharap, kondisi ini menjadi tantangan bersama dan jangan melalaikan akan sejarah sendiri, serta bekerja sama mencabut akar dari budaya Indonesia yang akan melahirkan budaya yang tak beridentitas.

”Dengan mengenang Eyang Yosonegoro, yang merupakan Bupati Pertama Magetan, dan sejarah ini harus kita jaga bersama. Oleh karena itu, siapa lagi yang akan menyelamatkan sejarah Kabupaten Magetan ini kalau bukan pemuda sebagai generasi penerus” tambahnya.

Dalam pungkasnya, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Magetan mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Magetan Ke-345, Semoga  semakin lebih baik, selalu berbenah, semakin mantab dan sejahtera serta Warganya Penuh Berkah. (Tris)

Check Also

Evaluasi Gema Parut Oleh Pemda Ngawi di Desa Wonokerto

  SeputarKita, Ngawi – Gema Parut (Gerakan Menanam dengan Memanfaatkan Pekarangan) yang digagas oleh Bupati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *