Kodim 0804/Magetan Sukses Gelar Komsos Kreatif Seni Bela Diri Pencak Silat

Magetan, Seputarkita – Sebagai langkah nyata dalam upaya melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya adi luhung bangsa sekaligus mencari bibit-bibit pesilat yang profesional di wilayah Kabupaten Magetan, sesuai dengan program kerja Kodim 0804/Magetan bidang teritorial khususnya Komsos Kreatif, Kodim 0804/Magetan menggelar Komsos Kreatif Festifal Seni Bela Diri Pencak Silat dengan mengambil tema “Memembentuk SDMKreatif, Inovatif dan Adaptif”. Acara yang di gelar di Aula Koramil 0804/01 Magetan tersebut berlangsung sukses. Minggu (19/7/2020)

Saat membuka kegiatan Dandim 0804/Magetan yang diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Inf Edy Sunarko, S.Sos mengatakan digelarnya Komsos Kreatif Festifal Pencak Silat ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan seni bela diri pencak silat dalam rangka memunculkan atlet pencak silat untuk mencapai prestasi dan memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, disiplin, terampil dan memiliki semangat bela negara.

Sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga dengan budaya yang kita miliki dan sudah semestinya turut melestarikan beladiri pencak silat ini agar tidak punah. Bahkan dengan pencak silat ini, menjadi salah satu alat pemersatu bangsa dan menjadi identitas bangsa yang sudah di pertandingan di Skala Internasional.

Disamping memiliki nilai seni, pencak silat juga mengajarkan keberanian, kedisiplinan, keuletan, kreatifitas, inovasi. Disamping itu, para atlet juga harus adaptif untuk bisa menang dalam sebuah pertandingan.

Jika hal ini bisa ditumbuh kembangkan dikalangan masyarakat tentunya akan memberikan kontribusi positif dalam membentuk generasi unggul yang berintegritas dan berkarakter serta memperkuat daya tahan bangsa menghadapi berbagai ancaman. “ungkapnya”

Mayor Inf Edy Sunarko menambahkan tidak kalah penting kegiatan ini juga untuk membangun silaturrahmi komunikasi dengan masyarakat sesuai dengan slogan “Bersama Rakyat TNI Kuat” dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat.

Terkait wabah covid-19, Saya menyampaikan bahwa melalui komsos kali ini, disamping silaturahmi dan mengajak masyarakat untuk menjaga kebugaran melalui olah raga bela diri, juga mengajak para atlit dan perguruan bela diri untuk aktif menjadi pelopor dan mengajak masyarakat lebih patuh, disiplin dan penduli terhadap protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19. “pungkasnya”

Komsos Kreatif Festifal Seni Bela Diri Pencak Silat ini dikuti oleh 9 perguruan pencak silat yang ada di Magetan dengan mempertandingkan kategori kreasi beregu campuran putra/putri, kreasi ganda putra dan kreasi ganda putri. (Pen0804)

Check Also

Penemuan Mayat Di Kebun Mangga Giripurno Kawedanan.

Penemuan Mayat Di Kebun Mangga Giripurno Kawedanan.

  SeputarKita, Magetan — Sesosok Mayat ditemukan warga di kebun mangga Dukuh Suci, Desa Giripurno, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *